Pendamping Program Pembangunan Pemberdayaan Kelurahaan dan Perdesaan Mandiri (P2KPM) Kabupaten Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur menggali potensi wisata lokal untuk difasilitasi pengembangannya.
 

"Kemarin saya mengunjungi objek wisata di Kelurahan Sotek Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), yakni Danau Taman Buah," ujar Pendamping Program P2KPM Kabupaten PPU untuk Kelurahan Sotek, Sunarti di Penajam, Rabu (21/4).
 
Danau Taman Buah berada di jalan poros menuju Kabupaten Kutai Barat. Dari jalan poros Penajam-Sepaku, objek wisata ini berjarak udara 7,74 km, sedangkan jarak jalan darat berdasarkan google maps sekitar 10 km.
 
Objek wisata ini total memiliki luas 5 hektare. Keunggulan yang bisa dinikmati sekarang adalah terdapat danau alam dangkal yang luasannya sekitar 1/3 dari total luas lahan wisata.
 
Di danau sudah disiapkan fasilitas untuk anak-anak seperti perahu bebek dan tempat mandi, sehingga anak-anak bisa mandi di lokasi yang telah disiapkan oleh pengelolanya.
 
Sedangkan di kawasan darat telah ada beberapa pohon buah khas Kalimantan seperti durian, lai, kelengkeng, dan lainnya. Buah khas ini akan terus dikembangkan sebagai oleh-oleh untuk pengunjung yang menikmati objek tersebut.
 
Setelah berdialog dengan Badri, pemilik Danau Taman Buah, lanjut Narti, ada beberapa hal yang ia sampaikan untuk pengembangan kawasan tersebut untuk meningkatkan daya pikat wisatawan.
 
Sejumlah hal ia sarankan adalah menambah amenitas seperti surau, membuat ikon berciri khusus yang diunggulkan di objek wisata tersebut, seperti patung buah durian yang sekaligus bisa menjadi swafoto bagi pengunjung.
 
"Hal lain yang bisa dilakukan adalah membuat festival khas untuk mengenalkan lokasi, kemudian terus berpromosi ke semua saluran penawaran khusus sesuai sasaran pengunjung seperti lokal, pelintas, luar daerah, komunitas, dan wahana riset," ucap Narti.(ADV)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021