Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur (BI Kaltim) menyiapkan uang tunai senilai Rp4,12 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan sekaligus untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H.
 
 
"Perkiraan kebutuhan uang untuk lebaran sebesar ini mengalami peningkatan 43,3 persen, jika dibandingkan realisasi tahun sebelumnya yang senilai Rp1,24 triliun," ujar Kepala BI Provinsi Kaltim Tutuk SH Cahyono di Samarinda, Rabu.
 
Peningkatan ini didorong oleh perbaikan ekonomi sejak semester II, terutama terkait peningkatan konsumsi rumah tangga, kebutuhan belanja dan lainnya yang membutuhkan uang tunai.
 
Uang tunai yang disiapkan itu,  terdiri atas Rp302 miliar merupakan uang pecahan kecil, kemudian sebesar Rp3,82 triliun merupakan uang pecahan besar.
 
Ia melanjutkan, BI Provinsi Kaltim bekerjasama dengan 195 kantor bank, kemudian BI Kota Balikpapan telah mengoordinir kerja sama dengan 139 kantor bank untuk melakukan pelayanan penukaran tersebut, baik pecahan kecil maupun pecahan besar.
 
"Masyarakat dapat memperoleh layanan penukaran uang mulai 12 April hingga 11 Mei 2021, yakni di jam layanan pukul 09.00-14.00 Wita," ucap Tutuk lagi.
 
Ia juga mengatakan dengan tersebarnya titik penukaran uang di seluruh Kaltim ini, tentu diharapkan dapat memudahkan masyarakat memperoleh kemudahan layanan penukaran uang.
 
Untuk itu, ia berharap masyarakat tidak menukarkan uang di tempat yang berbayar, karena telah ada disiapkan banyak lokasi resmi penukaran uang secara gratis, sehingga hal ini juga bisa menghindari peredaran uang palsu.
 
Tahun ini, layanan penukaran uang tunai kepada masyarakat difokuskan melalui loket di perbankan, baik bank umum mau pun BPR.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021