Tanjung Redeb (ANTARA Kaltim) - Kabupaten Berau untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah Kejuaraan Provinsi se-Kaltim Kempo X di Gedung Olah Raga Pemuda Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, 16-18 November 2012.

Kejurprov dibuka Asisten VI Drs H Samsul Abidin, Jumat, dihadiri Kepala Dinas Olah Raga Suprianto SH, Ketua Persaudaraan Bela Diri Kempo Seluruh Indonesia (Perkemi) Drs H Zuhdi Yahya, Ketua KONI Berau Teddy Abay dan pengurus Perkemi Berau.

"Olah raga bela diri, termasuk kempo tumbuh berkembang di Kabupaten Berau, dengan adanya kerjuprov ini dan Berau sebagai tuan rumah, menandakan di daerah ini kempo sudah semakin diminati oleh seluruh kalangan tua, muda, bahkan kalangan perempuan pun terlibat menggeluti olah raga ini," ungkap Samsul mewakili Bupati Berau.

Bahkan sudah tumbuh atlet kempo usia dini, di daerah ini yang tidak lepas dari peran pengurus Perkemi, serta bapak angkat masing masing klub, kata Samsul.

Sementara itu, Kadis Olah Raga Suprianto sangat mengharapkan lebih giat lagi peran serta pengurus dalam memajukan olah raga bela diri dan seni, shorinji Kempo yang berasal dari negeri sakura ini.

Ketua Koni Berau Tedy Abay menyebutkan bahwa pengurus kempo atau Perkemi harus menjaga agar klub-klub kempo terus berkembang.

"Salah satu kunci pengembangan olah raga adalah usia dini dan berkelanjutan. Olah raga kempo akan terus berkembang bila pengurus efektif, komposisi tidak banyak, `slim` dan `powerfull`," ungkapnya.

Menurut dia, dengan kepengurusan yang ramping namun memiliki kekuatan penuh dalam menata organisasi ini, maka menghasilkan keberhasilan dengan banyaknya lahir atlet berbakat.

Kejurprov tadi pagi juga disertai dengan kepengurusan kepengurusan Perkemi Berau, dan ketua umum tetap terpilih Sony Widjayanto, didampingi beberapa kepengurusan lama, namun pengurus tidak banyak jumlahnya,seperti ungkapan ketua Koni Berau, kepengurusan yang slim, tapi memiliki kekutaan menata ke jaringan bawah.

Zuhdi Yahya Ketua Perkemi Kaltim melantik Sony Widyayanto bersama wakil dan pengurus lainya di GOR Pemuda Tanjung Redeb disaksikan sejumlah 289 atlet dan ofisial dari 10 daerah, serta club club kempo yang berada di wilayah Tanjung Redeb dan sekitarnya.

Sedangkan seksi humas panitia Aidil Fitri mengatakan, Kerjurprov akan mempertandingkan 70 nomor dan kelas pertandingan, yaitu 37 untuk kelompok senior, 33 kelompok junior, batasan usia 12-35 tahun yang memperebutkan 118 medali emas, 118 medali perak, 166 medali perunggu.

Kejurprov ini diikuti 10 perwakilan kabupaten dan kota se-Kaltim yakni Berau, Balikpapan, Samarinda, Tarakan, Kukar, Bulungan, Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Nunukan dan Tana Tidung. (*)

Pewarta: Helda Mildiana

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012