Sebanyak 52 desa dari 139 desa se Kabupaten Paser melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak dengan 61.161 Daftar Pemilih Tetap (DPT), di 155 Tempat Pemungutan Suara (TPS), Kamis (8/4).
 

"Ini pelaksanaan Pilkades serentak kedua pada 2021 setelah sebelumnya dilaksanakan 52 kampung dari 190 kampung se Kabupaten Kutai Barat pada 10 Maret 2021," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, M Syirajudin.

Ia mengatakan pelaksanaan Pilkades serentak ini langsung dimonitor oleh jajaran DPMPD yakni Kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan Kasmawati, Kepala Seksi Kapasitas Desa dan Kelurahan Vinventius Samadi Ponco Putro, dan Kepala Seksi Kewenangan Keuangan dan Aset Desa Abdul Rivai.

Selain itu juga dalam pengawasan Ditjen Bina Pemdes Kemendagri, Bupati Paser Fahmi Fadli dan Wakil Bupati Paser Sarifah Masitah beserta Forkompimda Paser, Satgas COVID-19 Paser, Sekkab Paser Katsul Wijaya, serta jajaran DPMD Paser.

Pada kesempatan itu Kepala DPMPD Kaltim Syirajuddin  berserta rombongan meninjau pelaksanaan Pilkades serentak dibeberapa desa diantaranya Desa Jone, Desa Tapis, dan Desa Janju Kecamatan Tanah Grogot.

"Berdasarkan pantauan langsung dilapangan pelaksanaan Pilkades serentak berjalan lancar dan menjalankan ketentuan berlaku   sesuai Perda, Perbub, hingga keputusan bupati. Pilkades juga menerapkan protokol kesehatan seperti mewajibkan menggunakan masker, menyiapkan alat cuci tangan pakai sabun, dan menghindari kerumunan,” katanya.

Syirajudin berharap pelaksanan Pikades berjalan lancar sesuai tahapan. Sejumlah pihak terkait juga terus melakukan monitoring tidak hanya saat pelaksanaan pemungutan suara, tapi hingga pelantikan kepala desa terpilih.

Seperti diketahui, pada 2021 pelaksanaan Pilkades serentak sudah ditetapkan jadwal pelaksanaannya, yakni 52 kampung di Kutai Barat pada 10 Maret 2021, 52 desa di Paser pada 8 April 2021, 29 Desa di Kabupaten Mahakam Ulu pada Agustus 2021, 62 desa di Kutai Timur pada15 September 2021, 28 desa di Berau pada Oktober, dan 14 desa di Penajam Paser Utara pada 10 Maret 2021.
 

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021