Samarinda (ANTARA Kaltim) - Provinsi Kalimantan Timur akan menjadi tuan rumah silaturahim para guru yang tergabung dalam organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada 2 hingga 6 November 2012.

"Semua panitia sudah siap melaksanakannya, bahkan kami juga sudah membentuk koordinator per cabang olahraga dan seni yang juga akan dilombakan dalam silaturahim guru se-Indonesia ini," ucap Wakil Ketua PGRI Kalimantan Timur (Kaltim) Sutomo di Samarinda, Senin.

Dia melanjutkan, cabang olahraga yang dipertandingkan dalam rangkaian acara itu adalah bulu tangkis, tenis meja, dan catur. Sedangkan cabang seni yang dilombakan adalah melukis dan menyanyi solo.

Ada juga lomba kreativitas guru mengajar. Sistem yang diterapkan dalam lomba kreativitas ini adalah, guru yang mengikutinya harus menyerahkan kaset atau CD rekaman saat dia mengajar di sekolah masing-masing. Kemudian dewan juri akan melakukan penilaian saat melihat rekaman tersebut.

Peserta dalam silaturahim dan semua jenis lomba tersebut adalah dari 33 provinsi, sedangkan masing-masing provinsi menyertakan satu peserta baik putra maupun maupun putri untuk tiap cabang lomba.

Jika semua peserta hadir dalam kegiatan nanti, lanjut Sutomo, maka total tamu yang akan datang ke Provinsi Kaltim sebanyak 594 orang baik sebagai atlet, seniman, dan ofisial.

Kegiatan tersebut akan dipusatkan di Stadion Madya Sempaja, Samarinda. Pembukaannya direncanakan digelar pada Jumat malam tanggal 2 November.

Menurutnya, tujuan utama kegiatan itu digelar bukan untuk adu prestasi atau mencari menang dan kalah, namun yang paling utama dalam gelaran itu adalah sebagai wadah mendekatkan persahabatan sesama profesi guru dari seluruh penjuru negeri.

Tujuan lainya adalah, sebagai sarana pembelajaran bagi guru satu dengan guru lainnya, yakni melalui ajang lomba kreativitas mengajar, maka guru yang belum dapat berkreasi memberikan ilmunya kepada murid agar muridnya mudah menyerap pelajaran yang diberikan, dapat belajar kepada guru yang memiliki kreativitas tinggi.  (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012