Warga RT 23, Kelurahan Sempaja Selatan, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda mencoba mewujudkan pembangunan partisipatif di wilayahnya.


Dengan bergotong royong warga memanfaatkan lahan tidur untuk membuat kolam pemancingan ikan guna mendukung pengembangan ekonomi kreatif.

"Ini atas ide dan gagasan bersama. Bagaimana lahan tidur yang memang sudah berupa danau ini kita manfaatkan dibuat menjadi kolam pemancingan, " ujar Ketua RT 23 Sumijan, Selasa (2/3).

Menurutnya selama ini danau tersebut memang menjadi alternatif lokasi pemancingan liar warga Samarinda. Mereka yang hoby mancing sering mencoba peruntungan di lokasi tersebut. Dan tidak jarang mereka yang beruntung membawa hasil cukup banyak ikan hasil pancingan.

Karenanya warga berinisiatif menjadikan danau tersebut menjadi pemancingan yang dikelola secaara profesional.

"Warga yang membuat, warga yang mengelola, dan nanti hasilnya juga untuk warga. Semoga berjalan sesuai harapan menjadi sumber pendapatan warga. Dan memberi dampak ekonomi bagi warga yang berjualan disekitar pemancingan, " katanya.

Sebelum dibuka untuk umum, pemancingan akan diperkenalkan secara luas ke warga Samarinda melalui lomba mancing. Bila tidak ada aral lomba akan dilaksanakan 4 April 2021.

"Target peserta 100 orang. Nanti kita akan hadirkan pak camat, lurah, babinsa dan bhabinkamtibmas. Bila perlu kita undang Pak Wakil Wali kota Rusmadi Wongso membuka lomba. pasti gaungnya akan lebih luas, " katanya.

Seperti diketahui sejak dicanangkan menjadi  lokasi pemancingan, warga sudah bekerja bhakti membuat jembatan semi permanen dari kayu galam untuk akses ke tengah danau maupun memasang baleho tulisan pemancingan.

Setelah ini hanya melanjutkan persiapan untuk segera siap operasional dibuka untuk umum.

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021