Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman pada hari pertama menjabat, sowan ke tokoh sentral KH AGH Sanusi Baco yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan, d kediamannya di Jalan Kelapa Tiga, Makassar, Senin.
 

Dalam pertemuan itu, Plt Gubernur Sulsel meminta nasihat dan arahan dari KH Sanusi Baco sebagai ulama, mengingat jabatan yang diembannya kini punya tanggung jawab yang cukup besar.
 
"Mendengar nasihat-nasihat Beliau. Serta mendoakan kami bersama Bapak Gubernur Nurdin Abdullah. Beliau banyak bercerita tentang kami berdua dan senantiasa mendoakan kami dalam setiap kesempatan," ujar Andi Sudirman.
 
"Kedatangan kami meminta nasihat beliau karena jabatan ini adalah ujian. Sehingga harus dijalankan dengan baik dan senantiasa mendapat ridha Allah SWT," lanjutnya.
 
Andi Sudirman juga meminta arahan dari kiai kharismatik ini, terkait upaya yang harus dilakukan pemerintah untuk menghadirkan masyarakat yang religius dan masyarakat yang taat beribadah.
 
"Pesan beliau agar jabatan ini dijalankan dengan niat yang baik, niat yang tulus untuk menjaga amanah ini. Karena amanah ini adalah tanggung jawab," jelasnya.
 
Sementara itu, KH Sanusi Baco dalam pertemuan itu mendoakan kepada Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah untuk tetap kuat menghadapi cobaan yang dialaminya. 
 
KH Sanusi Baco juga mendoakan kepada Andi Sudirman Sulaiman selaku Plt Gubernur untuk bisa bekerja dengan baik, sesuai dengan amanah yang diberikan padanya.
 
Sebutnya, amanah adalah tanggung jawab. Namun, terkadang manusia lalai terhadap tanggung jawabnya. Setiap manusia harus menggunakan akal pikirannya dengan baik dalam menjalankan sesuatu, dengan harapan hasil yang diperoleh dari pekerjaan itu juga akan baik.
 
Terkait dengan apa yang harus dilakukan Pemerintah Provinsi untuk bisa menghadirkan masyarakat yang religius, Sanusi Baco menyampaikan agar pemerintah harus menjadi contoh bagi masyarakatnya.
 
"Yang perlu dilakukan pemerintah adalah menjadi contoh, menjadi teladan. Karena sekarang yang kurang juga itu adalah panutan," katanya.
 
Dia juga berpesan kepada Andi Sudirman untuk menjalani jabatannya sebagai Plt Gubernur disertai dengan niat yang baik. 
 
Karena setiap pekerjaan dilakukan harus disertai dengan niat, agar tujuan atau hasil dari pekerjaan itu juga sesuai niat yang telah ditetapkan.
 
"Perkuat niat, niat adalah tujuannya, mengurus umat juga harus dengan niat," ujarnya.

Pewarta: Abdul Kadir

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021