Satuan Tugas COVID-19 Provinsi Kalimantan Timur terus menggalakkan sosialisasi penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat karena masih tingginya kasus aktif di wilayah setempat.


Kepala Satpol PP Kaltim Gede Yusa mengatakan sosialiasi dilakukan di sejumlah fasilitas umum, seperti pasar, warung makan, kafe termasuk jalan raya dengan fokus pengendara roda dua dan empat terkait kelengkapan memakai masker.

"Karena kondisi pandemi COVID-19 di Kaltim masih terjadi. Maka pencegahan wajib terus dilakukan. Salah satunya, sosialisasi penggunaan masker," kata Kepala Satpol PP Kaltim Gede Yusa, Ahad malam.

Menurut Gede, sosialisasi ini penting agar masyarakat sadar akan disiplin protokol kesehatan. Karena, terjadinya penyebaran pandemi ini di antaranya kelalaian masyarakat tidak mematuhi protokol kesehatan.

Makanya, melalui sosialisasi ini masyarakat semakin sadar, bahwa COVID-19 masih terjadi di daerah ini.

Menurut Gede, timnya melaksanakan monitoring sesuai instruksi gubernur dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berbasis mikro atau PPKM Mikro, dengan instruksi imbauan kepada masyarakat untuk tidak ke luar rumah pada Hari Sabtu dan Minggu.

Ia mengatakan kegiatan difokuskan di Loa Janan Ilir, Samarinda Seberang, Samarinda dengan kawal langsung Kepala Bidang Penegakan Produk Hukum Daerah (PPHD).

Selain sosialisasi juga dilakukan pembagian 50 masker secara selektif, bagi yang tidak membawa masker.

"Kita tidak akan kasih kendor, terus mengimbau masyarakat untuk disiplin menggunakan masker," tegasnya.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021