Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Isran Noor melantik dan mengambil sumpah jabatan enam kepala daerah terpilih hasil Pilkada serentak 2020 dari Pendopo Odah Etam Komplek Kantor Gubernur Kaltim, Jum'at.


Lima kepala daerah yakni Bupati Berau Sri Juniarsih dan Wakil Bupati Gamalis, Bupati Paser Fahmi Fadli dan Wakil Bupati Syarifah Masitah, Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah dan Wakil Bupati Rendi Solihin.

Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman dan Wakil Bupati Kasmidi Bulang, serta Walikota Samarinda Andi Harun dan Wakil Walikota Rusmadi, dilantik dan diambil sumpah/janji jabatannya secara virtual dari daerah masing-masing. 

Satu- satunya Kepala Daerah yang dilantik secara langsung yakni Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan dan Wakil Bupati Yohanes Avun, di Pendopo Odah Etam.

Gubernur Isran Noor mengucapkan selamat kepada enam pasangan kepala daerah dari lima kabupaten dan satu kota di Kaltim yang telah dilantik. 

Isran meminta kepada semua kepala daerah untuk segera bekerja, karena ada sebuah tugas yang menunggu, yakni bersama-sama menangani penularan COVID-19 yang penyebarannya sudah meluas di penjuri Kaltim. 

“Kita saat ini di era pandemi Covid-19, perlu kerja sama yang lebih intensif dalam penanganannya. Sebuah tugas yang sangat mendesak, dalam melaksanakan tugas-tugas ini tentu sudah ada pedoman dan petunjuk-petunjuk dari pemerintah pusat,” kata Isran Noor.

Isran Noor menegaskan bahwa bupati/walikota bukan bawahan gubernur, melainkan mitra kerja gubernur. 

Sehingga, lanjut dia, gubernur dapat diberikan pandangan dan masukan dari bupati/walikota dalam pelaksanaan program-program pembangunan di daerah. 

“Mari kita sama-sama memperjuangkan dan membangun daerah masing-masing dan Kalimantan Timur. Terus jalin kerja sama dan komunikasi serta menyelaraskan program pembangunan antara kabupaten/kota dan provinsi dengan baik,” pesan Isran Noor.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021