Bupati Penajam Paser Utara (PPU) segera mengembangkan wisata alam goa yang terletak di Desa Wonosari, Kecamatan Sepaku, kawasan yang menjadi ring 1 calon Ibu Kota Negara (IKN) baru yang akan menggantikan Jakarta.
 

"Untuk itu, saya akan jadwalkan kemping di goa itu dan mungkin menginap beberapa malam untuk memastikan fasilitas apa saja yang perlu dibangun di sana," ujar Bupati PPU Abdul Gafur Mas'ud (AGM) di Penajam, Jumat.
 
Ia ingin di Sepaku sudah siap sejumlah destinasi wisata sebelum IKN pindah, sehingga ketika tahun 2024 IKN benar-benar pindah ke Sepaku, maka penduduk baru yang diperkirakan sebanyak 1,5 juta orang tidak kesulitan mencari destinasi wisata.
 
Selain itu, pihak terkait juga diminta mengembangkan pariwisata yang sudah ada di PPU baik wisata pantai, pedalaman, bahari, dan lainnya agar wisatawan memiliki banyak pilihan, apalagi mulai Penajam hingga Babulu memiliki potensi aneka jenis wisata.
 
Sehari sebelumnya, saat semua Kepala Desa se-PPU melakukan pertemuan yang dikemas dalam acara "Seruput Kopi bersama AGM", bupati minta Kepala Desa Wonosari mengagendakan agar bupati bisa berkunjung ke goa tersebut untuk kemping.
 
Goa yang dimaksud adalah Goa Batu Tapak Raja Buen Kesong. Belum banyak wisatawan yang mengunjungi goa ini karena belum dipromosikan secara besar-besaran oleh pemerintah desa setempat.
 
Destinasi wisata goa ini masih alami dan belum terdapat fasilitas pendukung apapun, baik toilet, tempat ibadah, maupun lampu dalam goa.
 
Selain itu, bupati juga berjanji berkunjung ke destinasi wisata lain yang masih di Kecamatan Sepaku, yakni Bukit Embun dan Danau Banyu Bening di Desa Semoi Dua.
 
Dua objek wisata di Desa Semoi Dua ini dekat dengan objek wisata Bukit Bengkirai di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara.
 
Sementara itu Kepala Desa Semoi Dua Hadi Muntoro, saat di depan bupati mengatakan Bukit Embun dan Danau Banyu Bening akan dilakukan interkoneksi dengan sejumlah lokasi wisata terdekat, sehingga ia minta dukungan perbaikan jalan dan pembukaan badan jalan.
 
"Dari Bukit Bengkirai, wisatawan bisa langsung ke Bukit Embun dan Danau Banyu Bening, kemudian memotong jalan menuju Goa Batu Tapak Raja, lantas terkoneksi ke wisata mangrove Mentawir. Jalan pendekat dari Bukit Embun ke Goa Batu inilah yang perlu dibuka," kata Hadi.(ADV)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021