Pemerintah Kabupaten Penjam Paser Utara, Kalimantan Timur, melakukan penggalangan dana untuk membantu korban bencana alam di Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Sulawesi Barat (Sulbar).

Wakil Bupati Penajam Paser Utara Hamdam saat ditemui di Penajam, Rabu, mengatakan pengumpulan dana dilakukan di setiap organisasi perangkat daerah.

"Imbuan penggalangan dana telah disampaikan kepada masing-masing OPD pada awal pekan" kata dia.

Sebelumnya, Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud menyatakan pemerintah kabupaten ikut peduli terhadap nasib korban bencana banjir di Kalsel dan gempa bumi di Sulbar.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, kata dia, bakal memberikan bantuan dana lebih kurang Rp5 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2021.

Penegasan tersebut disampaikan Bupati Abdul Gafur Mas'ud saat membuka posko pengumpulan bantuan bencana di depan Kantor Camat Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Senin (18/1).

Pantauan Antara di lapangan, sejumlah organisasi kemasyarakatan serta komunitas di Kabupaten Penajam Paser Utara juga melakukan aksi peduli untuk korban banjir Kalsel dan gempa bumi Sulbar.

Sejumlah organisasi kemasyarakatan dan komunitas tersebut menggalang dana serta pakaian layak pakai yang akan diserahkan langsung ke lokasi bencana atau melalui perantara pemerintah kabupaten.

Kegiatan aksi peduli korban bencana dilakukan organisasi kemasyarakatan dan komunitas di sejumlah lokasi di wilayah Penajam Paser Utara.

Banyaknya korban terdampak bencana dan kekurangan logistik menjadi dorongan organisasi kemasyarakatan serta komunitas di Kabupaten Penajam Paser Utara bergerak meringankan beban korban bencana tersebut.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021