Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Provinsi Kaltim melakukan pemantauan dan koordinasi dengan jajaran Pemkot Bontang sebagai tuan rumah pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-42 Tingkat Provinsi Kaltim, di Pendopo Rumah Jabatan Walikota Bontang, Senin (18/1).
 

Koordinasi yang dipimpin Ketua I LPTQ Kaltim Moh Jauhar Efendi tersebut dalam rangka pengecekan persiapan pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-42 tingkat Provinsi  Kaltim.

“Saya selaku Ketua I bersama pengurus melakukan pengecekan kesiapan Kota Bontang sebagai tuan rumah. Hal Ini penting, mengingat waktu pelaksanaan yang semakin mepet,”ujar Jauhar.

Untuk diketahui, direncanakan pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur'an tingkat Nasional akan dilaksanakan pada Juni 2021, di Kota Ternate, Maluku Utara. Karena itu, ancang-ancang pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Kaltim akan dilasanakan pada awal April 2021.

Menurut Jauhar secara umum Walikota Bontang melaporkan tentang kesiapan Kota Bontang sebagai tuan rumah. Ada tiga hal yang ditekankan yaitu sukses pelaksanaan, sukses prestasi dan sukses kesehatan.

Ia menyebutkan kepastian tanggal pelaksanaan akan ditetapkan pada Raker LPTQ yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, di Samarinda. Raker akan dihadiri peserta dari LPTQ Kabupaten/Kota secara terbatas, selebihnya dilakukan secara virtual karena masih  dalam kondisi wabah pandemi COVID-19.

Usai mendengarkan paparan dari tuan rumah dan mendengarkan masukan dari LPTQ Provinsi Kaltim dilanjutkan dengan peninjauan lapangan.

Jauhar menjelaskan rangakaian kegiatan MTQ dilaksanakan di 10 arena. Arena utama berada di arena MTQ Stadion Bessai Berinta, sekaligus tempat lomba tilawah Al-Qur'an (Tilawah Dewasa, Remaja dan Anak). Sedangkan 9 arena yang lain tersebar di BPU Kecamatan Bontang Barat, BPU Kec. Bontang Selatan, Auditorium 3D, Gedung Dispopar, Perpustakaan Daerah, Gedung Sport Center Loktuan, Gedung SKB Dinas Pendidikan, dan Gedung MUI Kota Bontang.

"Secara umum, panitia lokal sudah cukup siap," katanya.
 

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021