Sangatta (ANTARA News Kaltim) - Tim peninjau dari Markas Besar (Mabes) TNI, Jakarta, yang berjumlah 90 orang, melakukan peninjauan ke Sekerat, Kutai Timur, Kalimantan Timur, yang akan dijadikan arena Latihan Gabungan (Latgab) Brigade 2012.

Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan (Dankodiklat) Mabes TNI Mayor Jenderal TNI Djumadi, Selasa (25/9), mengatakan, Latihan Gabungan (Latgab) Brigade TNI 2012 di Kecamatan Kaliorang itu dijadwalkan akan diikuti 12.000 personel TNI.

"Latgab TNI 2012 dipusatkan di Sekerat, Kutai Timur, dan akan melibatkan 12.000 personel TNI, namun belum dapat dipastikan waktu pelaksanaannya," kata Dankodiklat Mabes TNI Mayjen TNI Djumadi.

Didampingi Komandan Kodim 0909 Sangatta, Letkol Inf Husni Mubarak, Mayjen TNI Djumadi mengatakan, Mabes TNI belum dapat memastikan kapan pelaksanaan karena masih dalam rumusan masing-masing angkatan.

"Peninjauan lapangan hari ini, merupakan salah satu pertimbangan kapan dilakukan latihan gabungan itu, namun dari segi kesiapan semua angkatan sudah siap termasuk prajurit yang dilibatkan," katanya.

Mayjen TNI Djumadi menambahkan, Latgab yang merupakan lanjutan Latgab TNI 2008 dan 2011 ini, bertujuan meningkatkan kemampuan prajurit dalam pengenalan medan serta alat utama sistem persenjataan (Alutista) TNI yang terus dikembangkan.

"Latgab ini sangat penting, karenanya nanti sejumlah Alutista dikerahkan termasuk pesawat tempur Sukoi yang baru," ujar Mayjen TNI Djumadi.

Dipilihnya kawasan Sekerat, Kutai Timur, menurut Mayjend Djumadi, karena arealnya sangat mendukung untuk penggemblengan bagi prajurit TNI.

"Kawasan Sekarat cocok untuk latihan gabungan baik Angkatan Udara, Laut maupun Darat," katanya. (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012