Pekanbaru (ANTARA News Kaltim) - Tim panjat tebing Kalimantan Timur berhasil merebut medali emas pada kategori speed track beregu putra PON 2012, di Arena Panjat Tebing Universitas Riau,Senin, mengalahkan tim dari Jawa Timur di partai Final.

Tim beregu Kaltim terdiri dari M Sabri, Zailani dan Angga Cahya diluar dugaan bisa menumbangkan dominasi pemanjat Jawa Timur yang sudah tiga kali PON menjadi juara nasional dan PON untuk kategori speed.

Tim Jawa Timur terdiri dari Galar Pandu Asmara, Rindi dan Abu Djar Yulianto harus puas menduduki peringkat kedua, sedangkan peringkat ketiga untuk kategori ini diraih oleh tim Jabar denga Gunawan S, Lukman dan Berdi.

"Tentunya kami sangat bersyukur, setelah dalam beberapa hari hanya bisa menembus perak dan perunggu, akhirnya kami bisa mendapatkan emas, keberhasilan ini buah dari kesolitan tim menumbuhkan rasa kepercayaan dan motivasi pada mereka yang bertanding," papar pelatih kepala panjat tebing Kaltim Ade Candra, di Pekanbaru, Senin.

Disisi lain, Ade juga menilai keberhasilan pemanjat muda Kaltim menembus emas karena adanya faktor non teknis yang melanda pemanjat Jawa Timur, sehingga mereka tidak bisa tampil lepas seperti pertandingan di even lainnya.

"Saya melihat di Jatim juga ada beban,pada Pra-PON mereka bisa menembus delapan emas, dan di PON 2012 ini mereka baru bisa meraih satu emas, tentu ini menjadi beban tersendiri terhadap para atletnya," urai Ade.

Sementara itu pelatih sped putra Hasbi Asidiq menilai tim beregu putra Kaltim mampu mengatasi krisis kepercayaan, sehingga mereka bisa tampil lepas dan bahkan bukan hanya bisa mengimbangi pemanjat Jatim yang sudah mencatatkan level Asia, justru M Sabri dkk bisa mengalahkan pemanjat Jatim di laga final.

" Kalau menurut saya hasil ini bukan kejutan, tapi lebih pada upaya dan kerja keras semua elemen khususnya atlet yang bertanding,`jelas Hasbi.

Hasbi berharap pecahnya medali emas tersebut bisa menginspirasi pemanjat Kaltim lainnya yang tengah bertanding, untuk berjuang semaksimal mungkin menjadi juara dikelasnya masing-masing.

"Mudah-mudahan besok (Selasa-red), di empat nomor yang tersisa ada pemanjat Kaltim yang juga bisa menorehkan medali emas, seperti hasil tim beregu putra Kaltim," tegas Hasbi. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012