Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menumbuh kembangkan minat baca dan menanamkan cinta kebudayaan bagi anak usia dini melalui dongeng virtual selama pandemi COVID-19.

"Dongeng virtual juga untuk membangun karakter dan kecerdasan anak sejak usia dini," ujar Kepala Bidang Pengolahan, Layanan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan Dispusip Kabupaten Penajam Paser Utara, Indah Rumainiyah ketika ditemui di Penajam, Rabu.

Dongeng atau bercerita secara virtual ditayangkan melalui akun Youtube resmi @Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Penajam Paser Utara.

Layanan dongeng virtual tersebut mulai ditayangkan 26 Agustus sampai 2 Desember 2020, sebagai pengganti kegiatan Wisata Edukasi Keliling yang rutin dilaksanakan Dispusip Kabupaten Penajam Paser Utara, sejak 2019.

"Kegiatan wisata edukasi tidak bisa dilaksanakan terkait larangan berkumpulnya massa dalam jumlah besar selama pandemi maka, digantikan dengan bercerita secara virtual," jelas Indah Rumainiyah.

"Kami lakukan pengambilan video pendongeng di antaranya di Gedung Perpustakaan, Taman Bunga Rozeline, Pantai Istana Amal, Waru Kampung Tua, hutan pinus, Kantor Bupati, taman baca Arwana Sebakung Jaya dan lokasi lainnya di sekitar Nipah-Nipah," tambahnya.

Cerita yang disampaikan oleh pendongeng lokal Andi Rusli dari Sanggar Entero Penajam yakni, berbagai macam dongeng nusantara dan fabel Indonesia.

Program dongeng virtual lanjut Indah Rumainiyah, bekerja sama dengan K3S (Kelompok Kerja Kepala Sekolah), Himpaudi (Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini), serta IGTK (Ikatan Guru Taman Kanak-kanak).

Program tersebut, menurut dia, diharapkan dapat menjadi sahabat dan bermain anak-anak khususnya anak-anak PAUD (pendidikan usia dini), TK (taman kanak-kanak), serta siswa-siswi SD (sekolah dasar) kelas satu dan tiga selama pandemi virus corona yang harus tetap berada di rumah.

Bercerita secara virtual yang ditayangkan dan diakses melalui media Youtube @Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Penajam Paser Utara sudah ditonton lebih kurang 6.972 kali.

Kegiatan mendongeng tegas Indah Rumainiyah, untuk menumbuhkan budaya minat baca, memberikan pelajaran, imajinasi dan nilai-nilai kebaikan kepada anak-anak melalui edukasi tampilan visual dari buku cerita budaya lokal maupun budaya daerah lain.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020