Tenggarong (ANTARA News Kaltim) - Peringatan Hari Olahraga Nasional ke-29 di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) diperingati dengan rangkaian senam berhadiah yang diikuti ratusan peserta dipimpin Bupati Rita Widyasari, Senin pagi.

Sebelum upacara digelar di Halaman Kantor Bupati Kukar, Peringatan Haornas didahului dengan senam berhadiah yang diikuti oleh Bupati Rita, Kapolres Kukar AKBP I Gusti Kade Budhi Harryarsana, Dandim 0906/Tenggarong Letkol Dendi Suryadi, Wabup Kukar HM Ghufron Yusuf, para Asisten, Kabag, dan Kepala SKPD, serta masyarakat.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan dan tali asih bagi atlet dan pelatih berprestasi Kukar yang berhasil menerima mendali pada SEA Games ke-26 tahun 2011 di Palembang, serta pelepasan perwakilan atlet dan pelatih Kukar yang mewakili Kaltim pada PON XVIII di Riau.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi A Mallarangeng dalam sambutan yang dibacakan Rita mengatakan dalam menyiapkan bibit olahragawan berprestasi, pemerintah telah berupaya merevitalisasi sentra-sentra keolahragaan seperti Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) serta Pusat Pembinaan dan Latihan Mahasiswa (PPLM), meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana olahraga mulai dari tingkat pusat hingga tingkat desa, menyediakan tenaga keolahragaan yang memiliki standar kompetensi yang memadai, serta meningkatkan tata kelola sentra olahraga yang lebih modern dan profesional.

Menurut dia, peringatan Haornas yang bertepatan dengan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII di Riau, untuk dijadikan sebagai ajang peningkatan prestasi olahraga nasional.

"Kegiatan olahraga multievent ini diharapkan menjadi wahana lahirnya atlet-atlet prestasi yang dapat bersaing dan mengharumkan nama bangsa di tingkat internasional," kata Menpora sebagaimana disampaikan Bupati Rita.

Menpora mengajak kepala daerah di tingkat provinsi dan kabupaten/kota untuk menggerakkan masyarakatnya berolahraga melalui penyediaan sarana dan prasarana yang layak dan baik serta dapat mendirikan sekolah olahraga di setiap provinsi, di mana setiap daerah memiliki cabang-cabang olahraga tertentu untuk menjadi olahraga unggulan daerah yang dibina secara serius, sistematis dan terukur sehingga mencapai prestasi nasional bahkan dunia.

Peringatan Haornas ke-29 di Kukar diakhiri dengan pembagian doorprize berupa sepeda gunung bagi peserta yang pada kegiatan senam mendapatkan undian oleh panitia. (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012