Komisi Pemilihan Umum Kota Samarinda, Kalimantan Timur menggelar lomba mural bertema wujudkan Pilwali Samarinda 2020 yang bersih dan berintegritas dalam rangka menyosialisasikan pelaksanaan Pilkada Samarinda 9 Desember 2020 khususnya bagi kaum milenial.


Sejumlah penggiat seni dari kalangan muda-mudi ikut berpartisipasi meramaikan lomba yang dilaksanakan di Jalan Anggur, Kelurahan Sidodadi Kecamatan Samarinda Ulu, Minggu (15/11).

Komisioner KPU Samarinda Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipan Masyarakat, dan SDM Muhammad Najib di Samarinda, Minggu, mengatakan pihaknya telah menyediakan hadiah dengan total senilai Rp 16 juta untuk 3 pemenang lomba.

"Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberi ruang bagi pegiat seni dan anak-anak muda. Setidaknya, lewat lomba mural ini mereka tahu bahwa 9 Desember 2020 nanti adalah pemilihan wali kota dan wakil wali kota,” ungkap Najib.

Najib menjelaskan bahwa peserta lomba mural tersebut diwajibkan mendaftarkan diri sebagai kelompok yang terdiri atas 5 orang atau individu, sebelum pelaksanakan lomba. Kemudian, peserta diwajibkan mengambil formulir di kantor KPU Samarinda. Serta menunjukkan KTP elektronik.

Sedangkan untuk ketentuan khusus, peserta dibebaskan untuk menentukan isi mural terkait tema yang sudah ditentukan. "Asal tidak mengandung unsur pornografi, melanggar norma kesopanan, dan unsur SARA," katanya.

Selain itu telah ditentukan mural yang dibuat tidak boleh mengandung unsur kampanye pasangan calon (paslon) tertentu, tidak menggunakan waktu di luar alokasi waktu yang telah disiapkan panitia, dan tidak plagiat atau menjiplak hasil karya orang lain.

"Kami juga mengingatkan kepada panitia, untuk melengkapi peserta dengan APD, dan mengatur jarak perserta, mengigat masih dalam kondisi pandemi," jelasnya.

Lomba mural garapan KPU Kota Samarinda dilaksanakan mulai Minggu pagi hingga malam pukul 21.00 Wita dan diikuti oleh 11 peserta terdiri dari peserta perorangan dan kelompok.

"Masing- masing perserta kami sediakan lima kaleng cat dengan warna yang berbeda- beda, dan peserta juga dibolehkan untuk berkreasi menggunakan warna favorit mereka," beber Najib.

Penilaian lomba dilakukan oleh para juri yang telah ditunjuk panitia penyelenggara berasal dari penggiat seni di Samarinda.

"Lomba mural ini akan dinilai besok Senin (16/11), dan hadiah akan kita serahkan kepada masing- masing pemenang," pungkas Najib.
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020