Walikota Syaharie Jaang menghadiri Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Penanggulangan Bencana Alam di Kota Samarinda yang digagas Kapolres Samarinda Kombes Pol Arif Budiman, di Lapangan Apel  Polresta Samarinda Jl.Slamet Riyadi No.1 Samarinda, Senin (9/11).


Jaang mengapresiasi langkah strategis yang diambil Kapolres Samarinda dalam mengantisipasi penanggulangan bencana alam di Kota Samarinda.

"Memang biasanya tutup tahun curah hujan tinggi apalagi seperti sekarang. Apel siaga penting untuk mengingatkan kesiagaan kita semua bersama Forkopimda dan instansi terkait," tegas Walikota Syaharie Jaang.

Dia berharap dengan apel siaga dapat meningkatkan kesiagaan personel dan peralatan agar siaga menghadapi bencana alam. Diantaranya mempersiapkan dengan baik peralatan yang biasa digunakan saat bencana alam banjir. "BPBD diharap cek kesiapan personel dan peralatan agar saat bencana kita siap," katanya.

Pun demikian camat dan lurah, pada waktu tertentu saat curah hujan tinggi diminta tidak meninggalkan Kota Samarinda sebagai bentuk kesiagaan. Terlebih daerah utara yang perlu diantisipasi terjadi luapan Benanga beserta masyarakat terdampaknya.

Sementara Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Samarinda M Wahid menyebut persiapan paling penting dalam penanggulangan bencana fisik personel dan kesiapan peralatan.

"Untuk peralatan dicoba. Yang rusak diperbaiki dan sebagainya," katanya.

Termasuk BPBD sudah memproses pengadaan perahu sebagai antisipasi penanggulangan bencana banjir. "Insya Allah dalam waktu dekat segara datang. Paling tidak tepat pada waktunya saat curah hujan tinggi dan terjadi banjir sudah bisa digunakan," katanya.

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020