Pangdam VI/Mulawarman (Mlw) Mayjen TNI Heri Wiranto memimpin kegiatan serbuan teritorial dalam rangka pendisiplinan protokol kesehatan, di Makorem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Samarinda, Rabu (14/10).
 

Mayjen TNI Heri Wiranto didampingi Danrem 091/ASN Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro, S.I.P., M.Si., dan turut dihadiri Gubernur Kaltim Isran Noor, serta Kapolda Kaltim Irjen Pol. Herry Rudolf Nahak, serta Forkopimda Kaltim.

"Serbuan Teritorial merupakan kegiatan bertujuan membantu dan mengatasi kesulitan yang dihadapi warga yang terdampak COVID-19," kata Mayjen TNI Heri Wiranto.

Pangdam menyampaikan bahwa menekankan tentang pentingnya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Kaltim.

Juga tidak berhenti mengimbau bagaimana kita dapat mengubah perilaku masyarakat, dengan menjalankan protokol kesehatan.

"Apabila  masyarakat semula tidak menggunakan masker diimbau agar selalu menerapkan dan menjalankan 3 M untuk mengurangi penambahan jumlah penderita di Kaltim," katanya.

Di awal acara disampaikan penjelasan beberapa hal berkaitan dengan aplikasi mitra babinsa dan perubahan perilaku masyarakat yang bisa diakses melalui HP Android untuk memantau pelaksanaan pencegahan COVID-19.

Di antara kegiatan pagi ini, ada nya Tim mobile yang tergabung dalam semua komponen masyarakat dan  bisa menjangkau masyarakat di pinggiran karena dilengkapi kendaraan roda dua untuk memperkecil angka penyebaran COVID-19 di daearah.

Melalui kegiatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan bantuan sembako sebanyak 1.500 paket kepada perwakilan warga pasar, kelompok ormas dan kepemudaan sebagai perwakilan masyarakat yang terdampak COVID-19.

Sementara Gubernur Kaltim Isran Noor yang turut hadir pada kegiatan tersebut mengungkapkan dirinya sangat salut dan menghargai atas inisiatif dari tim percepatan penanganan COVID-19 yang telah dilaksanakan satuan Kodam VI/Mulawarman yang sangat kreatif dan inovatif.

Diungkapnya pula bahwa Pemerintah Daerah sudah berupaya menangani penyebaran COVID-19 melaksanakan  imbauan Presiden dan Kementerian terkait yang dikoordinasikan oleh pihak pimpinan TNI Polri.

"Virus corona tidak terlihat dengan mata biasa sehingga perlunya dilakukan cara dan strategis untuk  menanganinya, " katanya.

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020