Nunukan (ANTARA News Kaltim) - Pasar tradisional Inhutani Kabupaten Nunukan, tampak dipadati pembeli sejak subuh, Sabtu (18/8).

Dilaporkan bahwa pasar itu merupakan salah satu tujuan warga setempat yang akan membeli persiapan lebaran yang bakal dilaksanakan Minggu (19/8).

"Pasar ini menjadi salah satu tujuan warga untuk membeli kebutuhan untuk keperluan lebaran besok," kata seorang penjual ketupat dan daun pisang, Basri.

Aktivitas di pasar ini setiap hari berlangsung mulai subuh hari karena segala kebutuhan dapur warga berpusat di pasar ini sebelum di drop ke pasar lainnya, ujarnya.

"Memang di sini pusat penjualan bahan-bahan dapur warga Nunukan," kata Basri.

Pada kesempatan yang sama seorang pembeli bernama Sutiah, mengaku untuk mendapatkan kebutuhan persiapan lebaran semua ada di pasar ini.

Makanya, lanjutnya wajar apabila warga Nunukan yang akan melaksanakan lebaran berdatangan di pasar. Karena di Pasar Inhutani merupakan tempat belanja kebutuhan sehari-hari yang paling lengkap.

Khusus lebaran yang diperkirakan dilaksanakan Minggu (19/8), banyak warga datang belanja berupa ketupat, daun pisang, bumbu dapur, daun kelapa dan lain-lainnya, sebut Sutiah yang mengaku tinggal di Jalan Pelabuhan Baru Kabupaten Nunukan.

"Untuk mempersiapakan lebaran warga mulai berdatangi memadati tempat penjualan ketupat, daun pisang dan bahan-bahan bumbu dapur," katanya.

Menurutnya, di Pasar Inhutani juga tergolong tempat belanja kebutuhan sehari misalnya sayur-sayuran yang murah karena masih tangan pertama.

Sesuai pantauan harga-harga kebutuhan lebaran misalnya ketupat sebesar Rp 1.000 per buah, daun pisang muda dan tua Rp 5.000 per ikat, daun kelapa muda seharga Rp 10.000 per ikat.

Demikian juga harga bumbu dapur seperti lengkuas, daun bawang, daun sop, kunyit, dan lain-lainnya dijual dengan harga Rp 2.000 per ikat.

Pewarta: Muhammad Rusman

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012