Pemprov Kaltim menggelar Peringatan Hari Lingkungan Hidup se Dunia Tahun 2020 se Kaltim, di Kantor Gubernur Kaltim, Senin, 28 September 2020.


Seperti tahun-tahun sebelumnya, peringatan ini sekaligus dirangkai penyerahan penganugerahan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) dan Adiwiyata bagi perusahaan yang beroperasi di wilayah Kaltim.

Penyerahan Sertifikat Emas Proper 2019-2020 dan Sertifikat Adiwiyata bagi 8 Kabupaten/Kota dilakukan Gubernur Isran Noor saat memimpin Peringatan Hari Lingkungan Hidup se Dunia Tahun 2020 se Kaltim.

"Penghargaan pemerintah ini tidak hanya sekedar memenuhi kegiatan rutin dalam penilaian terhadap perusahaan mengelola lingkungan hidup perusahaannya. Tapi ini adalah sebuah nilai makna yang sangat besar. Bagaimana kita semua peduli dan memelihara lingkungan. Tidak hanya keuntungan perusahaan, tapi masyarakat dan makhluk hidup lainnya," tegas Isran Noor.

Pengelolaan lingkungan dengan baik bagi Isran, tentu mampu menyelamatkan sumber daya hayati, sumber daya alam serta sumber daya lingkungan Kaltim.

"Kaltim ini luar biasa. Sebab memiliki berbagai macam plasma nutfah, ribuan plasma nutfah serta ratusan satwa langka. Komitmen perusahaan mengelola lingkungan secara baik, pasti akan menyelamatkan sumber daya hayati, alam dan lingkungan bagi kesejahteraan maayarakat," ungkap Isran Noor.

Tahun ini, tercatat tiga perusahaan di bidang pertambangan batubara memperoleh Proper Hitam dan ada 12 perusahaan dari berbagai bidang usaha menerima Proper Emas.

Peserta proper tahun ini sebanyak 252 perusahaan dari pertambangan batubara, industri, jasa, migas dan manufaktur. Dan 232 diberikan peringkat Emas (12 perusahaan), Hijau (85), Biru (113), Merah (19) dan Hitam (3). Serta 56 sekolah Adiwiyata dari Balikpapan, Samarinda, Kutai Kartanegara, Bontang, Kutai Timur, Paser, Berau dan Penajam Paser Utara.

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020