Tiga pasangan calon peserta Pilkada Samarinda, Kaliamntan Timur telah menyepakati pakta integritas pelaksanaan protokol kesehatan ( prokes) di masa pandemi COVID-19.


Pakta Integritas itu tersebut menyebutkan Penerapan Protokol Kesehatan, Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 dalam Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020, dan ditandangani oleh tiga pasang calon peserta Pilkada Samarinda 2020, usai pengundian dan penetapan nomor urut di Hotel Harris, Samarinda, Kamis (24/9).

“Setelah pengundian nomor urut, juga ada deklarasi pakta intergitas soal Covid-19, dan diteken oleh semua pasangan calon,” kata Ketua KPU Kota Samarinda Firman Hidayat di Samarinda, Kamis (24/9).

Firman menegaskan pakta integritas tersebut merupakan komitmen peserta pilkada untuk melaksanakan semua tahapan Pemilu sesuai dengan protokol kesehatan.

"Komitmen Pemerintah Pusat tetap melaksanakan Pilkada 9 Desember 2020, disisi lain wabah pandemi semakin meluas, oleh karena itu perlu ada komitmen bersama dari peserta Pilkada ini, agar pemilu sukses dengan tidak merusak program pemerintah terkait pencegahan COVID-19," beber Firman.

Firman menyebutkan poin dalam penandatanganan pakta integritas antara lain calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota menyatakan akan mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan, pencegahan dan pengendalian Covid-19 pada setiap tahapan pemilihan sebagaimana diatur dalam peraturan KPU No 06 Tahun 2020, yang telah diubah dengan Peraturan KPU No 10 tahun 2020, dan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh instansi yang berwenang.

Kemudian Mengutamakan kesehatan dan keselamatan para pihak, dan pemangku kepentingan dalam pelaksanaan seluruh tahapan pemilihan tahun 2020.

Menerima sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku apabila melanggar peraturan mengenai protokol kesehatan, pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Adapun, penandatanganan dan deklarasi pakta integritas itu dilakukan bersamaan pasangan calon nomor urut Pilkada Samarinda yakni nomor urut 1 pasangan Barkati – Darlis, nomor urut 2 Andi Harun – Rusmadi, dan nomor urut 3 adalah Zairin Zain – Sarwono.

“Tentunya kita berharap pilkada serentak 2020 ini bisa berlangsung sukses, sekaligus turut menyukseskan program pemerintah dalam penanganan pandemi,"pungkas Firman. 

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020