PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menyalurkan 50.000 paket data gratis khusus bagi pelajar di Provinsi Kalimantan Timur dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dijalankan pemerintah pada masa pandemi COVID-19.


Program penyaluran donasi paket data gratis untuk pelajar ini merupakan bagian dari kerja sama XL Axiata dengan Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI).

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Head of Sales XL Axiata Kalbar, Kaltim, dan Kaltara, Maryadi kepada Gubernur Kaltim, Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si di Kantor Gubernur Kaltim, Kota Samarinda, Kamis.

Hadir pula melalui sambungan video conference Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto, Group Head XL Axiata Region Jabodetabek dan Kalimantan, Francky Rinaldo Pakpahan.

Gubernur Kaltim Isran Noor mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada jajaran PT XL Axiata Indonesia.tbk dan Asosiasi Dinas Kominfo Provinsi Seluruh Indonesia (Askompsi) atas perhatian dan kepedulian kepada masyarakat Kaltim, khususnya bagi dunia pendidikan.

"Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada manajemen dan seluruh keluarga besar XL Axiata memberikan kepedulian dan perhatian kepada masyarakat Kaltim, khususnya anak-anak siswa, mahasiswa, guru dan dosen. Ini adalah fakta yang pantas disyukuri dan berterima kasih kepada pihak XL Axiata," ucap Isran Noor pada seremoni Bakti Sosial Askompsi Peduli Pendidikan di Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (10/09) di Kantor Gubernur Kaltim.

Menurut Isran Noor, penyerahan 50.000 pcs kartu internet untuk siswa, mahasiswa, guru dan dosen di Kaltim ini sangat membantu masyarakat terutama bagi anak didik dan penyelenggara pendidikan di Kaltim.

"Jumlah penerima 50.000 kartu internet itu jumlah yang banyak. Mudah-mudahan dengan kontribusi dan kepedulian ini bermanfaat bagi masyarakat Kaltim," ujar Isran Noor saat video conference dengan jajaran Direksi XL Axiata.

Isran meminta agar bantuan dari XL Axiata dan ASKOMPSI ini bisa segera disalurkan ke sekolah-sekolah yang murid-muridnya memang sangat membutuhkan.

Direktur Eksekutif Asosiasi Dinas Kominfo Provinsi Seluruh Indonesia Eddy Santoso mengatakan bantuan paket data gratis untuk pelajar secara serentak disalurkan melalui 1.000 sekolah yang berada di 28 provinsi.

"Bila bantuan ini dirasa kurang, ASKOMPSI Bersama XL Axiata siap memberikan tambahan sesuai dengan permintaan Bapak Gubernur," jelasnya.

Sementara itu, Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto menyampaikan manajemen XL Axiata sangat memahami problem yang dirasakan oleh sebagian masyarakat di Kaltim, terkait dengan kemampuan mendapatkan kuota data untuk pelaksanaan PJJ.

Untuk itu, pihaknya merasa bertanggung jawab untuk membantu meringankan beban masyarakat agar bisa mendapatkan kuota data.

“Dengan adanya bantuan ini, kami berharap bisa memperingan beban sebagian pelajar dan orang tuanya dalam mendapatkan kuota data untuk mengikuti PJJ," kata Feby.

Mekanisme penyaluran paket kuota data gratis ini hingga ke tangan siswa akan dilakukan oleh sekolah-sekolah yang berkoodinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim.

Penyaluran donasi ini akan dilakukan dengan memprioritaskan pelajar kurang mampu yang membutuhkan akses internet untuk kegiatan belajar online.

Paket yang diberikan berupa kartu perdana AXIS yang di dalamnya sudah diberikan kuota data sebesar 30 GB yang didapatkan saat kartu diaktifkan dan tambahan kuota data sebesar 55 GB setelah kartu terdaftar di sistem Dapodik melalui admin sekolahnya masing-masing dengan masa berlaku empat bulan. Kuota ini di luar subsidi kuota bagi pelajar dari Kemendikbud.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020