Sangatta  (ANTARA News Kaltim) - Sebanyak 30 stan Pasar Ramadhan yang dibangun Badan Amil Zakat Kabupaten (Bazkab) Kutai Timur Kalimantan Timur dipenuhi pedagang untuk menjual aneka makanan dan minuman untuk berbuka puasa.

Ketua Bazkab Kutai Timur, HM Idrus Yunus, di Sangatta, Kutai Timur, Kamis, mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan 30 stan Ramadhan dan tidak dipungut biaya alias gratis di lokasi yang sangat strategis dan mudah dijangkau, namun masih kekurangan, karena masih banyak warga yang ingin berjualan di sana, yakni di Jalan Pendidikan.

"Masih banyak warga yang berminat dan minta dibuatkan stan untuk berjualan makanan dan minuman Ramadhan. Mereka senang berjualan di sana karena lokasinya strategis dan gratis," kata HM.Idrus Yunus.

Dikatakan H Idrus Yunus, stand Pasar Ramadhan yang Bazkab berbentuk tenda terpal berukuran 1,5 meter kali 2 meter terbuat dari meja tanam dan dilengkapi laci penyimpanan sehingga makanan dan minuman tetap terjaga kebersihannya.

Pasar Ramadhan Bazkab didesain berbentuk Huruf U masing-masing diberi nama pemilik sesuai pendaftaran awal, karena sebelum diisi peminat harus mendaftar agar yang berjualan bertanggung jawab atas kebersihan tempat dan kebersihan jualannya.

"Setiap warga yang ingin berjualan di sana didata supaya bertanggung jawab atas kebersihan tempat jualan dan makannya terjamin halal. Makanya setiap stan nama pemilik jualan ditulis agar diketahui pembeli," katanya.

Beberapa penjual makanan dan minuman yang ditemui mengatakan, senang bisa menempati stand pasar murah yang dibuat Badan Amil Zakat (BAZ) Kutai Timur karena tidak dibayar alias gratis.

"Ya senang don bisa dapat tempat jualan disini, sudah gratis bersih dan rapih lagi lokasinya bagus," kata Yuliana, pedagang berbagai jenis kue dan minuman.

Menurut Yuliana, sebelumnya mengisi stan dirinya sudah mendaftar ke Bazkab, karena syaratnya daftar dulu, karena banyak sekali peminatnya jadi kita rebutan juga siapa cepat dia dapat karena standnya terbatas.

Sedangkan Salmah dan Sumiati yang masing-masing menjajakan ikan bakar dan ikan bakar serta beberapa sayuran dan kue, juga mengatakan senang dapat tempat jualan yang bagus dan gratis.

Menurut keduanya sejak pertama Ramadhan sudah berjualan telah memperoleh keuntungan yang lumayan.

"Alhamdulillah untungnya lumayan dan Insyaa Allah akan berjualan sampai selesainya bulan Puasa nanti," kata Salamah dan Sumiati yang jualannya berdampingan.  (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012