Dinas Perpustakaan dan Arsip atau Dispusip Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menggelar lomba bercerita tingkat kabupaten untuk menumbuhkembangkan budaya gemar membaca dan menanamkan cinta kebudayaan bagi siswa dan siswi di daerah itu.

"Lomba bercerita yang digelar juga untuk membangun karakter dan kecerdasan anak sejak usia dini," ujar Kepala Dispusip Kabupaten Penajam Paser Utara, Ridwan Effendi ketika ditemui di Penajam, Senin.

Lomba mendongeng tingkat kabupaten yang digelar Dispusip Kabupaten Penajam Paser Utara diikuti pemenang lomba bercerita tingkat kecamatan kelas empat dan lima SD/MI.

Dispusip Kabupaten Penajam Paser Utara secara rutin mengadakan lomba bercerita tingkat SD/MI setiap tahun, sejak 2014.

Lomba bercerita tersebut menurut Ridwan Effendi, dilaksanakan secara berjenjang, mulai tingkat kecamatan untuk menentukan perwakilan yang akan maju ke tingkat kabupaten.

Para siswa dan siswi yang berhasil meraih juara pertama di tingkat kabupaten, selanjutnya maju ke tingkat provinsi.

Jika berhasil merebut juara pertama di tingkat provinsi kata Ridwan Effendi, selanjutnya maju ke tingkat nasional.

Untuk juara pertama lomba bercerita tingkat kabupaten tersebut yakni, Naurah Afifah Ali siswi SD Negeri 020 Kecamatan Penajam, dan juara kedua Deswita Maharani Tuku siswi SD Negeri 023 Kecamatan Sepaku.

Juara ketiga Arsya Dinata siswa SD Negeri 010 Kecamatan Babulu, serta juara keempat Sri Ardila Miranti siswi SD Negeri 011 Kecamatan Waru.

Lomba bercerita jelas Ridwan Effendi, selain menumbuhkan kegemaran membaca, juga menumbuhkan kecintaan terhadap karya budaya bangsa melalui buku cerita budaya lokal maupun budaya daerah lain.

Kegemaran membaca tegasnya, harus ditanamkan dan dilatih pada anak-anak sedini mungkin, serta dilakukan secara berkelanjutan karena faktor penting dalam menambah wawasan dan mengembangkan pola pikir.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020