Balikpapan  (ANTARA News Kaltim) - Grup Astra Internasional kini memiliki enam sektor bisnis di Kota Balikpapan Kalimantan Timur yang mampu menyediakan lapangan pekerjaan bagi 7.000 lebih karyawan.

"Bisnis kami meliputi enam sektor, yaitu otomotif, keuangan, alat berat dan pertambangan, agribisnis di antaranya perkebunan kelapa sawit, teknologi informasi, infrastruktur, serta logistik," kata Direktur PT Astra International Tbk Widya Wiryawan di Balikpapan, Jumat (13/7).

Dalam bisnis otomotif, Astra adalah penyalur berbagai produk otomotif dari Jepang yang sudah dirakit di dalam negeri seperti mobil-mobil Toyota, Daihatsu, dan motor Honda.

Di bidang agribisnis, di Kalimantan Timur Astra memiliki ribuan hektare perkebunan kelapa sawit dan juga pabrik pengolahannya.

Wiryawan membuka kegiatan "Jelajah Dunia Astra" yang berlangsung selama tiga hari, yaitu sejak Jumat hingga Minggu (13-15/7) ini di Dome Balikpapan, Jalan Ruhui Rahayu I.

Hadir dalam pembukaan itu juga Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Ketua DPRD Kaltim Mukmin Faisjal, Kepala Cabang Astra World Kaltim Guntur Susilo. Jelajah Dunia Astra ini untuk memeriahkan HUT Astra ke-55.

"Acara ini kesempatan bagi grup Astra untuk mengenalkan seluruh lini bisnisnya, atau menyampaikan kesempatan apa yang mereka bisa berikan kepada masyarakat, khususnya masyarakat Balikpapan," kata Wali Kota Rizal.

Direktur PT Astra International Tbk Widya Wiryawan menambahkan pertumbuhan bisnis Astra memiliki keterkaitan erat dengan pertumbuhan komunitas yang ada di daerah. Acara Jelajah Dunia Astra adalah salah satu andil Astra dalam mengajak komunitas untuk berkembang selaras dengan pertumbuhan bisnis perusahaan.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Cabang Astra World Kaltim Guntur Susilo juga menuturkan ada 24 perusahaan Grup Astra yang beroperasi di Balikpapan dengan jumlah tenaga kerja mencapai 7.000-an orang.

Angka tersebut, katanya, diharapkan bisa terus bertambah seiring dengan perkembangan bisnis yang juga semakin besar.

Jelajah Dunia Astra di Balikpapan digelar selama 3 hari mulai 13 Juli hingga 15 Juli mendatang. Dalam kegiatan tersebut juga ditampilkan beberapa program tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh Astra.

Di Balikpapan, misalnya, Astra melalui PT Astra International Tbk-Daihatsu Cabang Balikpapan memberikan bantuan kepada Posyandu dan 10 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Posyandu yang ada di Balikpapan.

Kepala Bagian Umum PT Astra Daihatsu Motor Guntur Mulja mengatakan Posyandu dipilih karena melayani generasi muda yang akan menjadi penerus di masa depan.

"Sementara UMKM menjadi salah satu upaya kami untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.  (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012