Balikpapan (ANTARA News Kaltim) - Tim Persiapan Institut Teknologi Kalimantan (ITK) membuka pendaftaran mahasiswa baru secara manual hingga 13 Juli 2012, setelah sebelumnya pendaftaran dilakukan secara online pada 2-11 Juli.

"Namun karena banyak yang tidak bisa mengakses pendaftaran online, kami buka pendaftaran secara manual sampai 13 Juli ini," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Pemkot Balikpapan Sudirman Djayaleksana di Balikpapan, Rabu (11/7).

ITK akan menerima 100 mahasiswa angkatan pertama dari lima jurusan untuk tahun pertama ini. Proses belajar mengajar sementara menumpang di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Menurut Kabag Humas, kendala dalam pendaftaran online antara lain sistem jaringan belum mengenal ITK, sehingga selalu dialihkan sistem ke ITS, yang memang "induk" ITK.

Kendala lainnya adalah bagi calon pendaftar asal Kalimantan namun menyelesaikan SMA atau sekolah sederajatnya di Jawa atau tempat lain selain Kalimantan.

Mereka ini tidak diterima sistem karena sistem hanya menerima mereka yang lulus dari sekolah-sekolah menengah di Kalimantan.

Di Balikpapan, pendaftaran ITK dibuka di kantor Dinas Pendidikan Balikpapan di Jalan Ruhui Rahayu. Pendaftaran juga dibuka kantor Dinas Pendidikan Samarinda dan Dinas Pendidikan Kaltim di Samarinda.

"Dengan manual, walaupun waktunya singkat yaitu hanya dua hari, semoga masalah itu bisa teratasi," kata Kabag Humas Djayaleksana.

Apalagi pada Kamis (12/7) akan datang tim dari ITS untuk membantu proses pendaftaran.

Kabag Humas juga menjelaskan, sejauh ini belum diketahui jumlah calon pendaftar ITK yang mengajukan aplikasi secara online namun peminatnya diperkirakan tinggi.

"Pukul 12 malam saja masih ada telepon menanyakan soal pendaftaran ITK ini. Tahun pertama ini kami buka untuk 100 orang mahasiswa," tutur Kabag Humas.

Setelah pendaftaran, hari berikutnya yaitu Sabtu 14 Juli langsung digelar tes masuk di SMA Negeri 1 Balikpapan. Pengumuman hasil tes dijadwalkan Kamis 19 Juli.

Setelah itu, bagi mereka yang diterima dikenakan uang masuk Rp34 juta. "Namun Pemprov Kaltim tetap berkomitmen untuk memberikan beasiswa," tegas Kabag Humas Djayaleksana.

Proses belajar mengajar menumpang di ITS ditargetkan hanya setahun. Pada tahun 2013, mulai dari proses pendaftaran hingga belajar mengajar sudah bisa di kampus ITK sendiri di Km 13 Jalan Soekarno-Hatta, Balikpapan. (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012