Tenggarong  (ANTARA News Kaltim) - Puncak acara Festival Erau Adat Pelas Benua Etam 2012 di Kutai Kartanegara Kalimantan Timur berupa prosesi "Ngulur Naga" yang diiringi dengan "belimbur" atau saling menyiram air akan digelar pada Minggu (8/7).

Menteri Sekretaris Keraton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura HAPM Haryanto Bachroel di Tenggarong, Kutai Karanegara, Jumat, mengimbau seluruh masyarakat dan pengunjung Kota Raja Tenggarong mengikuti acara sakral yang menjadi penutup Festival Erau itu dengan tertib.

Acara "Ngulur Naga" merupakan upacara adat dengan menaikkan sepasang replika naga ke kapal dan membawanya ke Kutai Lama, Kecamatan Anggana, untuk dilarung.

Setelah proses "Ngulur Naga" lalu dilanjutkan dengan "belimbur" yakni saling menyiramkan air, yang biasanya ditunggu-tunggu warga. Makna dari Berlimbur adalah untuk menyucikan diri dari pengaruh-pengaruh jahat.

Haryanto Bachroel yang bergelar HAP Gondo Prawiro itu meminta masyarakat agar mematuhi adab "belimbur".

"`Belimbur` harus dengan air bersih, tidak boleh sampai menyakiti orang yang disiram, dan selalu jaga ketertiban, serta yang paling utama adalah taati waktu belimbur, jangan mendahului Sultan," ujar Haryanto yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara itu.

Ia menambahkan, "belimbur" baru bisa dilakukan setelah Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura HAM Salehuddin II turun ke Rangga Titi (semacam balai bambu kuning.red) yang diletakkan di tepian Sungai Mahakam depan Museum Mulawarman untuk membasahi diri dengan air yang diambil dari Kutai lama (air Tuli).

Setelah itu, Sultan memercikkan air tuli, yang berarti dimulainya acara belimbur yakni saling menyiramkan air dan acara ini sampai meluas ke seluruh kota yang merupakan adat leluhur.

"Jadi saya tegaskan belimbur harus didahului Sultan kemudian baru boleh diikuti masyarakat, jangan sampai masyarakat mendahului," tegasnya.

Ia mengatakan, makna belimbur adalah untuk menyucikan diri dari pengaruh pengaruh jahat agar kembali suci dan bersih serta menambah semangat untuk membangun daerah.

"Demikian pula terhadap bumi dan sekitarnya agar bersih dari perbuatan jahat serta dihindari segala marabahaya," ujarnya.  (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012