Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan periode 1999 sampai dengan 2001 Sarwono Kusumaatmadja menilai pandemi COVID-19 merupakan momen ideal untuk mengembangkan bisnis sosial.


"Memang sekarang ideal untuk mengembangkan bisnis sosial, karena bisnis konvensional di masa pandemi COVID-19 dibuat kebingungan," ujar Sarwono dalam diskusi daring di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, para pelaku bisnis konvensional bingung karena menghadapi realitas baru yang belum pernah ada sebelumnya dan tidak tepat bagi operasional bisnis mereka.

"Saya rasa ini banyak para pelaku bisnis konvensional bisa dirangkul oleh ide bisnis sosial tersebut, mengingat para pelaku bisnis itu menghadapi realitas baru," kata Sarwono Kusumaatmadja.

Sebelumnya praktisi bisnis Judianto Hasan menilai bisnis-bisnis sosial akan memiliki peran sangat besar nantinya di era new normal atau kenormalan baru yang akan muncul pascapandemi COVID-19.

Menurut dia, sebagai pelaku bisnis sudah saatnya memanfaatkan momentum saat ini untuk melakukan bisnis sosial, di mana akan mudah menarik perhatian masyarakat melalui media-media sosial.

Dalam paparannya, bisnis sosial juga memberikan peluang kepada masyarakat untuk semakin memiliki peran dalam transformasi sosial dan ekonomi di Indonesia pascapandemi COVID-19.

Investasi di bisnis sosial juga akan memberikan keberlanjutan lebih baik dan akan mudah untuk dikembangkan secara nasional maupun global. Terakhir, lanjut dia, bisnis sosial akan memberikan peluang inovasi dan pengembangannya sehingga bermanfaat bagi manusia.

Para pebisnis sosial, menurut Judianto, dapat mendorong terjadinya inovasi sosial dan transformasi di berbagai bidang seperti kesehatan, pendidikan, lingkungan, energi dan sebagainya.

Pebisnis sosial pada dasarnya sama dengan pebisnis umum yang mengembangkan organisasi bisnis yang kuat dan berkelanjutan, namun pebisnis sosial lebih fokus pada solusi terhadap problema sosial atau lingkungan serta menekankan model bisnis yang berkelanjutan.

Pewarta: Aji Cakti

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020