Tanjung Redeb  (ANTARA News Kaltim) - Kodim 0902/TRD menanam 800 bibit pohon di sekitar Lapangan Sepak Bola Kecamatan Gunung Tabur Kabupaten Berau dalam rangkaian HUT Kodam VI Mulawarman ke-54.

"Ini merupakan rasa kepedulian TNI terhadap program penghijauan yang dicanangkan Pemkab Berau, Dipilihnya penghijauan di Lapangan Bola Gunung Tabur ini karena di sekeliling lapangan tidak ada pohon rindang. Setiap kali ada kegiatan sepak bola, penonton kerap kali mencari tempat teduh untuk berlindung dari sengatan sinar matahari," kata Komandan Kodim (Dandim) 0902//TRD Berau Letkol Arm Rabimin SIP di Gunung Tabur Kabupaten Berau, Sabtu.

Bibit pohon yang ditanam tersebut sebanyak 800 pohon. Jenis bibit pohon yang ditanam di antaranya bibit pohon trembesi dan jenis bibit pohon lainnya. Dalam kegiatan tanam bibit pohon itu, Kodim melibatkan para pemuda dan masyarakat Gunung Tabur.

"Minimal ke depan bibit pohon yang kami tanam hari ini, nantinya bisa untuk berteduh para penonton," katanya.

Namun yang tak kalah pentingnya, lanjut orang nomor satu di Kodim 0902/TRD ini, tujuan paling utama kegiatan penghijuan ini adalah menambah daerah resapan air untuk menghindari terjadinya musibah banjir, sekaligus menghijaukan kembali daerah yang harus dihijaukan.

Terkait rangkaian HUT Kodam VI Mulawarman, selain melakukan penghijauan Kodim 0902/TRD pada tanggal 29 Juni nanti akan melakukan karya bakti di masing-masing Koramil di Kabupaten Berau secara serentak, dengan melibatkan instansi terkait dan masyarakat.

Kegiatan tersebut difokuskan kegiatan bersih-bersih di wilayah yang sudah menjadi target. Hal itu dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, agar masyarakat Berau dapat hidup sehat terhindar dari segala penyakit, yang disebabkan lingkungan yang kurang sehat.

"Inilah salah satu bukti kepedulian kami terhadap kehidupan masyarakat Berau, selain menjaga NKRI dari ancaman bahaya negara lain, serta menjaga stabilitas keamanan daerah ini," katanya.

Ia mengatakan, peran serta masyarakat sangat dibutuhkan, bersama-sama menciptakan Bumi Batiwakal menjadi daerah yang hijau, bersih, sehat dan aman. Sebagaimana yang diharapkan bersama.

Sedangkan Camat Gunung Tabur, Nazaruddin SE, mengucapkan terima kasih kepada jajaran anggota Kodim 0902/TRD yang telah melakukan penghijauan di wilayahnya.

Menurut penilaian dia, apa yang dilakukan jajaran Kodim itu tepat sasaran mengingat makin meningkatnya dunia usaha di kabupaten berau sangat mempengaruhi kondisi lingkungan, yang dapat berdampak terciptanya lahan kritis.

Karena itu, dia mengajak warganya serta pelaku dunia usaha untuk meningkatkan kepeduliannya terhadap lingkungan. (*)

Pewarta: Helda Mildiana

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012