PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) Bontang membantu 137 paket berupa alat pelindung diri (APD), masker, hand sanitizer, minuman bervitamin, dan suplemen untuk wartawan di Samarinda, karena wartawan rentan tertular COVID-19 saat melakukan peliputan.

"Dalam menjalankan tugas sebagai jurnalis, tentu wartawan rentan terhadap penularan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), makanya kami membantu APD untuk teman-teman sebagai pencegahan," ujar Manager PT PKT Kantor Perwakilan Samarinda, Sugeng Suedi di Samarinda, Senin.

Sebanyak 137 paket itu diperuntukkan bagi wartawan yang khusus bertugas di Samarinda dan yang tergabung dalam tiga organisasi kewartawanan yakni Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI).

Bantuan ini, lanjutnya, merupakan bentuk kepedulian terhadap para wartawan karena mereka termasuk orang yang berada di garis terdepan dalam memburu informasi, sehingga informasi tersebut kemudian bisa dinikmati masyarakat baik melalui tayangan televisi, daring, cetak, maupun radio.

"Kami tidak bisa memberikan banyak kepada rekan-rekan wartawan karena banyak pihak yang kami bantu di tengah pandemi ini. Namun jangan dilihat berapa jumlah yang kami bantu, tapi rasa peduli inilah yang harus diutamakan. Kami juga berdoa pandemi ini cepat berlalu," lanjutnya.

Selain menyerahkan bantuan lewat PWI Kaltim, pihaknya juga memberikan bantuan paket APD dan suplemen kepada 18 tenaga medis yang bertugas di Rumah Sakit Umum Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. Sebanyak 18 tenaga medis tersebut akan mendapat bantuan hingga 28 hari ke depan.

Sebelumnya, PKT juga memberikan bantuan paket yang sama bagi wartawan di Kota Bontang, kemudian dalam waktu dekat bantuan juga akan diberikan kepada wartawan yang bertugas di Kota Balikpapan.

Sementara itu, Ketua PWI Kaltim Endro S Efendi mengucapkan terima kasihnya atas perhatian yang ditunjukkan oleh PKT, karena paket untuk para jusrnalis ini dinilainya sangat membantu melindungi diri para wartawan saat melakukan peliputan di lapangan.

"Mulai hari ini dan besok, paket ini segera kami serahkan kepada para wartawan. Saya juga berpesan kepada teman-teman untuk selalau menjaga kesehatan, gunakan masker, dan terus waspada dalam bertugas agar kita semua tidak tertular COVID-19 maupun penyakit lain," ucap Endro. 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020