Tenggarong  (ANTARA News Kaltim) - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur menggelar Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) bagi seluruh camat di wilayah itu.

Kepala Bagian Adminstrasi Pemerintahan Setkab Kukar HM Syaifuddin di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Senin, mengatakan maksud kegiatan itu sebagai tindak lanjut Peraturan Menteri Dalam Negeri(Permendagri) Nomor 4 Tahun 2010 tentang pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten).

Selain itu, dalam rangka menyongsong penerapan Paten, katanya, maka perlu ditunjang dengan kesiapan pejabat penyelenggara dari segi pengetahuan dan keterampilan, sehingga pelaksanaan pelayanan di kecamatan dapat berjalan baik dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Menurut dia, melalui kegiatan tersebut dapat memperkaya wawasan serta memperkuat komitmen para penyelenggara pemerintahan khususnya di Kecamatan. Kegiatan itu juga untuk mengoptimalisasi peran Kecamatan dalam membangun akses dan meningkatkan mutu pelayanan agar menjadi cepat mudah, terjangkau dan profesional.

"Sehingga mendorong terwujudnya kecamatan sebagai pusat pelayanan," ujarnya.

Narasumber kegiatan tersebut yaitu tim fasilitator Paten dari Direktorat Jenderal Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri RI.

Adapun meteri yang disampaikan yaitu pemaparan tentang Paten, lokakarya tugas dan fungsi serta visi misi kecamatan, lokakrya prosedur tetap kecamatan, etika pelayanan, serta simulasi Paten di kecamatan percontohan.

Selain camat, kegiatan itu juga juga diikuti oleh Sekretaris Camat dan Kasi Pelayanan Umum kecamatan serta dari Bagian Administrasi Organisasi dan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu.

Sementara itu, Wakil Bupati Kutai Kartanegara HM Ghufron Yusuf mengingatkan para camat dan jajarannya bahwa birokrasi sangat menentukan efisiensi dan kualitas pelayanan masyarakat, peyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan berkelanjutan.

Ia mengatakan, birokrasi yang sehat dan kuat adalah birokrasi yang profesional, memiliki integritas dan kompetensi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab selaku abdi negara dan pelayan masyarakat. (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012