Bontang (ANTARA News Kaltim) - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja Indonesia (BLKI) Kota Bontang, Kalimantan Timur, melakukan berbagai persiapan di antaranya koordinasi dengan PT Pupuk Kalimantan Timur dan PT Kitadin, menjelang operasional pada 2013.

"Untuk 2012 ini, UPT BLKI Bontang masih persiapan dan pada 2013 mulai operasional kegiatan untuk menggelar berbagai pelatihan kerja," kata Kepala UPT BLKI Bontang, Zulfandy, di Bontang, Rabu.

Wilayah sasaran peserta BLKI Bontang adalah untuk wilayah Kaltim bagian utara yakni Kota Bontang, Kabupaten Kutim, Kabupaten Berau dan Kabupaten Bulungan.

Dalam pertemuan pada Rabu siang dengan PT Pupuk Kaltim (PKT) dan PT Kitadin diperoleh penyamaan persepsi jenis pelatihan yang akan digelar sesuai kebutuhan SDM kedua perusahaan.

"Jika PKT pelatihan seputar pengelasan dan analis kimia, sedang Kitadin lebih pada pelatihan operator alat berat," ujarnya.

Zulfandy menyampaikan bahwa sambutan kedua perusahaan yang hadir sangat positif.

"Untuk awal operasional kegiatan, perusahaan dipersilakan untuk memakai kesempatan itu dengan difasilitasi BLKI. Dan diharapkan lulusan BLKI yang dihasilkan dapat bekerja atau magang di perusahaan," katanya.

BLKI Bontang merupakan BLKI besar, dengan menempati lahan 3,4 ha, memiliki fasilitas gedung workshop empat lokal, gedung workshop K3 satu lokal, ruang belajar delapan lokal, asrama dua lokal untuk laki-laki dan perempuan, rumah jabatan, dan rumah instruktur.

"Untuk asrama total 28 kamar dengan jumlah penghuni satu kamarnya empat orang," jelas Zulfandy.

Dalam masa pra persiapan operasional kegiatan tahun anggaran 2013, pada 2012 masih menginduk di Dinas Tenaga Kerja Provinsi Kaltim sedang melengkapi meubelair, komputer, alat olahraga.

"Nantinya untuk struktural BLKI terdiri Kepala UPT, Kepala Seksi Umum, Kepala Seksi Pelatihan dan Pemasaran serta 62 staf jika menurut analisis kebutuhan," kata Zulfandy.

Untuk pemenuhan kebutuhan SDM, Zulfandy telah meminta Sekretaris Daerah Bontang agar memutasikan pegawai daerah untuk bergabung dengan BLKI Bontang.

BLKI Bontang merupakan UPT di bawah Provinsi Kaltim, bersama BLKI Balikpapan merupakan BLKI besar, sedang BLKI Samarinda merupakan UPT BLKI Pusat.

Sementera BLKI Paser, Kutim, Nunukan, Tarakan merupakan BLKI milik pemkab/kota dan berkapasitas kecil. (*)

Pewarta: Suratmi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012