Samarinda (ANTARA News Kaltim) - Guru dari 14 kabupaten dan kota di Provinsi Kalimantan Timur yang memiliki prestasi seperti berhasil membawa anak didiknya meraih juara satu tingkat nasional akan mendapat penghargaan Rp25 juta.

"Jika dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang SD maupun SMA di Jakarta nanti, siswa kami memperoleh emas, guru pembimbingnya akan diberi penghargaan sebesar Rp25 juta," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim H Musyahrim di Samarinda, Selasa.

Bagi siswa yang berhasil memperoleh perak maupun perunggu, guru pembimbingnya akan mendapat penghargaan dari Pemprov Kaltim senilai Rp15 juta dan Rp10 juta.

Sementara para siswa yang berhasil mendapat juara 1 hingga tiga, maupun berhasil memperoleh emas, perak, maupun perunggu, Pemprov Kaltim tidak memberikan penghargaan uang pembinaan karena sudah mendapat penghargaan tersendiri dari pusat.

Para guru mendapat penghargaan karena di tingkat nasional tidak mendapat hadiah sehingga Pemprov Kaltim perlu memberikan partisipasi untuk menghargai jasa guru tersebut.

Sejak 1 hingga 8 Juni 2012, lanjutnya, Dinas Pendidikan Kaltim telah dan sedang menggelar OSN untuk jenjang SD hingga SMA di Tingkat Provinsi Kaltim.

Untuk OSN jenjang SD dan SMP terdapat empat mata sains yang dilombakan, yakni fisika, matematika, IPS, dan biologi. Pesertanya berasal dari 14 kabupaten dan kota yang masing-masing lomba terdiri dari para juara 1 hingga 3 dari tingkat kabupaten dan kota.

Mata uji OSN Tingkat Kaltim untuk jenjang SMA terdapat delapan mata lomba, yakni sains biologi, fisika, matematika, kimia, kebumian, astronomi, ekonomi, dan komputer.

Peserta yang mengikuti OSN SMA Tingkat Kaltim, merupakan peserta dalam lomba sejenis tingkat kabupaten maupun kota di daerah masing-masing, yakni mereka yang berhasil menjadi juara satu hingga juara tiga untuk masing-masing mata lomba sains.

Ini berarti tiap daerah mengirimkan sebanyak 24 peserta, sehingga total peserta dari 14 daerah menjadi 336 peserta. Selain itu, ada juga peserta pasinggrid yang masing-masing daerah jumlahnya berbeda, tergantung pada nilai yang diperoleh.

Untuk juara masing-masing cabang yang dilombakan tingkat provinsi, mereka akan mewakili lomba sains yang sama Tingkat Nasional yang akan digelar pada pertengahan September 2012.

Setiap peserta yang mendapat juara, baik yang meraih emas, perak, maupun perunggu di Tingkat Nasional, maka Kementerian Pendidikan akan memberikan piala dan uang pembinaan kepada siswa.

Para guru pembimbing yang telah berhasil mengantarkan siswa memperoleh prestasi, tidak mendapat penghargaan dari pusat, sehingga dari Pemprov Kaltim akan memberikan penghargaan. Penghargaan dari Kaltim akan diserahkan pada peringatan Hari Guru. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012