Tanjung Redeb,(ANTARA News Kaltim) - Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Berau, Subroto, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas pencapaian jumlah kelulusan siswa SMA dan sederajat di daerah itu pada Ujian Nasional 2012 yang mencapai 99 persen.

"Saya turut bangga dan memberi apresiasi kepada semua pihak terkait. Meski ada yang tidak lulus, tetapi setidaknya ada peningkatan persentase jumlah kelulusan," kata Subroto di Tanjung Redeb, Berau, Rabu.

Sebanyak 14 siswa SMA dan sederajat dinyatakan tidak lulus pada Ujian Nasional (UN) 2012, sementara pada 2011, siswa yang tidak lulus UN mencapai 16 siswa.

Data Dinas Pendidikan Berau mencatat, sebanyak 1.678 peserta tercatat mengikuti Ujian Nasional 2012 tingkat SMA dan sederajat di Kabupaten Berau, atau lebih tinggi dibanding peserta UN 2011 yang tercatat dikuti 1.532 siswa.

Ke-14 siswa yang tidak lulus UN 2012 itu satu siswa dari SMA 8 Kecamatan Biduk-Biduk, satu siswa dari SMKN 1 dan 12 siswa dari SMK Muhamadiyah Berau.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Berau, Susila Harjaka, menegaskan, seluruh sekolah negeri di Tanjung Redeb rata-rata lulus 100 persen, termasuk para peserta UN di SMA Negeri 1 Berau dan SMA Negeri 4.

Ia mengatakan, pengumuman kelulusan dibuat berbeda dengan pengumunan tahun-tahun sebelumnya yakni hasil UN 2012 langsung diambil para orangtua siswa.

Hal itu, katanya, dilakukan agar tidak ada siswa berkumpul di sekolah, sehingga kemungkinan terjadinya aksi coret-coret seragam sekolah dan konvoi merayakan kelulusan, dapat diminimalisasi.

"Ini salah satu langkah menghindari siswa berkumpul yang akhirnya mengarah ke aksi coret seragam dan konvoi di jalan," katanya.(*)

 

Pewarta: Helda Mildiana

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012