Pemerintah Kabupaten Paser telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp12 miliar untuk  penanganan  dan pencegahan penyebaran COVID-19.


Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Paser, Muksin mengatakan alokasi anggaran tersebut digunakan untuk sarana dan fasilitas penunjang penanganan COVID-19.

"Anggaran sebesar itu di antaranya dipergunakan untuk rehabilitasi ruang isolasi  Rumah Sakit Panglima Sebaya (RSPS), pengadaan ambulance, dan pengadaaan alat-alat kesehatan serta bahan habis pakai, seperti  alat pelindung diri (APD), rapid tes dan lain-lain," kata Muksin, di Tanah Grogot, Jumat (27/3)

Menurutnya saat ini proses pengadaan kebutuhan untuk penanggulangan COVID-19 sedang dilaksanakan oleh Organisai Perangkat Daerah (OPD) terkait yakni Dinas Kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  dan Rumah Sakit Umum Daerah Panglima Sebaya.

Muksin menjelaskan dalam pengalokasian anggaran tersebut terdapat pergeseran anggaran, mengingat penanganan COVID-19 sangat penting dan mendesak.

"Pergeseran anggaran  untuk penanganan COVID-19 tentunya sudah dikonsultasikan dengan DPRD Paser," katanya.

Dikemukakannya dalam keadaan darurat, sebagaimana diatur dalam Permendagri Nomor. 33 Tahun 2019, tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran  2020, tidak mensyaratkan konsultasi dengan DPRD tapi hanya perlu  pemberitahuan kepada Pimpinan DPRD. 

“Pergeseran alokasi anggaran itu hanya dengan  melakukan perubahan peraturan Kepala Daerah tentang penjabaran APBD Tahun Anggaran 2020 untuk selanjutnya disampaikan pemberitahuan  kepada Pimpinan DPRD,” jelasnya.

Muksin yang juga ketua Tim Fasilitasi Forum CSR Kabupaten Paser menambahkan bahwa selain dari APBD, Pemerintah Kabupaten Paser juga telah mengirimkan  surat kepada perusahaan-perusahaan yang beroperasi di wilayah itu  agar ikut berpartisipasi dalam penanganan COVID -19 melalui dana CSR masing-masing.

“Surat permintaan  agar ikut berpatisipasi dalam penanganan COVID-19 sudah dikirimkan ke  sejumlah perusahaan,"tuturnya.

Namun Muksin juga berharap perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Paser bisa memberikan kontribusi nyata dalam penanganan virus corona  melalui dana CSR perusahaan .(Adv/MC Kominfo Paser)

 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020