Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Kutai Timur telah melantik sebanyak 90 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam agenda persiapan menghadapi Pemilu Kepala Daerah ( Pilkada) Kabupaten Kutim 2020.

 

Ketua KPU Ulfa Jamiltul Farida kepada awak media mengatakan PPK yang dilantik tersebut tersaring melalui proses seleksi yang demikian ketat. sesuai dengan peraturan KPU.

Sehingga mereka yang terpilih merupakan perwakilan terbaik dari kecamatan-kecamatan. Sebagai perpanjangan tangan dari KPU Kutim, untuk penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan.

"Kami berharap para petugas PPK yang telah dilantik bisa menjalankan amanah dan melaksanakan  tugas dan kewajiban sebagaimana mestinya serta sebaik-baiknya,” kata Ulfa Jamilatun, Senin.

Pelantikan disaksikan Bupati Kutim H Ismunandar, Komisioner KPU Provinsi Kaltim Fahmi Idris, Kapolres Kutim AKBP Indras Budi Purnomo, Danlanal Sangatya Letkol Laut (P) Osben Alibos Naibaho, Komisioner KPU Kutim dan jajaran, Camat serta tamu undangan lainnya

Ia menjelaskan 90 PPK ini merupakan orang-orang yang siap kerja. Apabila ada orang pintar dan cerdas itu merupakan bonus. 

Karena menurutnya jika ada yang cerdas dan pintar tapi tidak mau kerja itu akan merepotkan pada Pilbup 2020 di Kutim.

“Nanti tahapan kedepan yang paling dekat dengan tugas PPK ialah verifikasi faktual, mengingat di Kutim ada cabup dan cawabup dari jalur perseorangan. Dalam hal itu menjadi syarat dukungan dan syarat sebaran perwakilan dukungannya. Itu menjadi tugas pertama bapak ibu yang menjadi PPK,” pesan Ulfa.

Sementara itu, Bupati Kutim Ismunandar meminta kepada seluruh PPK yang baru dilantik, untuk tidak sampai berurusan dengan pihak berwajib. Khususnya dalam mengemban tugas yang diberikan. Sebab PPK merupakan ujung tombak KPU di kecamatan. 

"Kita harapkan mereka bekerja dengan baik sesuai dengan koridornya atau hukum yang berlaku. Jika itu dilakukan Insya Allah Pemilu Kepala Daerah kita adalah Pilkada yang damai,” tutup Ismu.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020