Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan menggelar lomba dongeng atau bercerita tingkat SD/MI untuk menumbuhkan minat sastra kepada siswa siswi sejak dini di daerah itu.

"Kami adakan Lomba dongeng untuk membudayakan minat baca siswa siswi di tingkat sekolah dasar," ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Penajam Paser Utara, Ridwan Effendi ketika ditemui di Penajam, Jumat.

Lomba bercerita yang dimulai dari tingkat kecamatan dengan peserta murid kelas empat SD/MI tersebut menurut dia, juga untuk menumbuhkan kecintaan terhadap budaya dalam upaya membangun karakter, kecerdasan, kreativitas dan inovasi generasi muda.

Pelaksanaan lomba dongeng itu dilakukan secara berjenjang, dimulai dari tingkat kecamatan untuk menentukan perwakilan yang akan maju ke tingkat kabupaten.

"Para siswa siswi yang berhasil merebut juara satu tingkat kabupaten maju ke tingkat provinsi, jika berhasil menjadi suara satu tingkat provinsi akan maju ke tingkat nasional," jelas Ridwan Effendi.

"Peserta mendongeng atau bercerita berdasarkan buku cerita budaya yang dapat menyosialisasikan cerita budaya daerah lokal maupun daerah lainnya, jadi tumbuh budaya baca dan kecintaan terhadap budaya," ucapnya.

Cerita yang dilombakan lanjut Ridwan Effendi bernuansa kepahlawanan maupun legenda, sehingga dapat mengangkat atau mempopulerkan buku-buku cerita budaya lokal maupun daerah lainnya yang mengandung nilai-nilai serta membangun karakter yang baik.

Ia mengharapkan lomba dongeng dapat menumbuhkan kegemaran anak-anak membaca serta kecintaan terhadap budaya bangsa melalui berbagai macam bacaan serta konten dan kearifan lokal.

Ridwan Effendi menimpali lagi, kemampuan membaca merupakan faktor dalam mengembangkan wawasan, pola pikir dan pemahaman terhadap beragam konteks kehidupan masyarakat.

Untuk membangun kegemaran membaca pada anak-anak atau siswa siswi kata dia, perlu dukungan dari keluarga, sekolah dan pemerintah.

"Kegemaran membaca itu harus ditanamkan dan dilatih pada anak-anak sedini mungkin, serta dilakukan secara berkelanjutan," tegas Ridwan Effendi.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020