Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh mengajak kaum muda yang tergabung dalam Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) di daerah itu untuk membuat program terkait dengan upaya menggali potensi diri dan potensi lokal desa maupun kabupaten.

"Selain program untuk penggalian potensi juga diperlukan refleksi dan penyegaran yang mengarah pada wawasan pembangunan agar ke depan Mahulu (Mahakam Ulu)  terus maju dan menjadi lebih baik," ujarnya di Ujoh Bilang, Rabu.

Saat membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD KNPI Kabupaten Mahakam Ulu, ia mengatakan pembangunan di daerah itu tidak lepas dari peran seluruh elemen masyarakat, termasuk pemuda.

Apalagi, katanya, pemuda dikenal memiliki semangat dan ambisi tinggi dalam memperjuangkan perubahan menuju kehidupan yang lebih baik.

Oleh karena itu, kata dia, melalui KNPI perlu adanya program pembinaan potensi para pemuda.

Ia menjelaskan bahwa Pemkab Mahakam Ulu senantiasa mendukung program kerja KNPI, sedangkan ke depan agar program mereka menyentuh secara langsung kepentingan pemuda dan masyarakat umum.

Ia berharap, semangat kepeloporan dan pengarahan terhadap jiwa kritis pemuda dapat dijadikan sebagai acuan DPD KNPI setempat, terutama dalam merumuskan program-program kerjanya.

"Di kesempatan yang baik ini saya juga berpesan agar DPD KNPI Mahulu turut mengambil bagian dalam menyukseskan pemilukada mendatang, yakni dengan menciptakan suasana aman dan kondusif. Jangan sampai kepentingan politik diletakkan di atas kepentingan persaudaraan," tuturnya.

Dalam laporannya, Ketua DPD KNPI Mahakam Ulu Martinus Miing menyampaikan bahwa DPD KNPI setempat akan terus membangun sinergi dengan masyarakat dan pemerintah.

Hal itu, katanya, agar program yang akan dijalankan dapat disinergiskan dengan perencanaan yang matang.

Ia optimistis bahwa sinergi antara pemerintah, lembaga, dan elemen masyarakat dapat membawa dampak baik atau ke arah kemajuan yang diharapkan bersama.

DPD KNPI Mahakam Ulu, lanjutnya, pada 2020 akan mengadakan loka karya pendidikan dengan didampingi Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim dan Dinas Pendidikan Mahakam Ulu memberikan materi terkait dengan peningkatan pendidikan.

"Selain itu, tahun ini Kabupaten Mahulu akan melangsungkan pemilihan kepala daerah, maka KNPI berkomitmen menyukseskan pilkada ini dengan mengadakan program Pemuda Peduli Pilkada Damai agar Mahulu terus kondusif," ujar Martinus.
 

Pewarta: M. Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020