Tenggarong (ANTARA News Kaltim) - Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur secara resmi menggelar kompetisi sepak bola Liga Pelajar Indonesia (LPI) tingkat kabupaten di Stadion Rondong Demang Tenggarong, mulai Sabtu (5/5) sore.

Ketua Panitia LPI Kukar H Junaidi di Tenggarong, Minggu, mengatakan, kompetisi sepak bola antarpelajar tersebut untuk memperebutkan Piala Bupati dan Wakil Bupati Kutai Kartanegara.

Kompetisi sepak bola itu dilaksanakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kukar dan terbagi dari tiga tingkatan, yaitu mulai tingkat Sekolah Sepak Bola (SSB) atau di bawah usia 12 tahun, tingkat SMP serta tingkat SMA dan sederajat.

Untuk tingkat SSB diikuti sedikitnya 19 tim, kemudian tingkat SLTP 12 tim, serta 14 tim dari tingkat SMA.

Junaidi mengatakan, tim juara berhak atas uang pembinaan sebesar Rp5 juta, sedangkan untuk runner up sebesar Rp3 juta. Di samping itu, untuk pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak juga akan mendapatkan masing-masig Rp1,5 juta.

"Pemenang kompetisi ini akan diikutsertakan dalam LPI tingkat Provinsi Kaltim untuk mewakili Kukar memperebutkan Piala Gubernur," katanya.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Pembangunan Setkab Kukar H Khairul Anwar saat membuka acara tersebut Sabtu (5/5) sore mengatakan, LPI merupaka momen spesial untuk menyalurkan bakat pelajar di daerah itu.

"Ini momen bagi pelajar untuk meningkatkan prestasi pada sepak bola. Saya harap melalui LPI melahirkan atlet lokal yang dapat bermain di liga profesional nasional," harapnya.

Dirinya juga mengatakan bahwa kompetis LPI merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencari bibit pesepak bola daerah yang profesional, melalui kompetisi yang sehat.

Liga Pelajar Indonesia (LPI) merupakan kompetisi sepak bola antarsekolah tingkat SMP dan SMA sederajat serta pergeuruan tinnggi se-Indonesia yang diselenggarakan secara berjenjang, mulai dari kabupaten/kota, provinsi, wilayah hingga tingkat nasional.

Pelaksanaan kegiatan LPI di luar jam sekolah dan atau pada hari-hari libur sekolah dengan mengutamakan unsur pendidikan.

Kompetisi itu diselenggarakan dengan prinsip industri olahraga atas kerjasama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ementerian Pemuda dan Olahraga, serta Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI). Puncak dari kompetisi LPI itu akan memperebutkan Piala Presiden. (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012