Samarinda (ANTARA News Kaltim) - Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (Siwo PWI) Kalimantan Timur memprioritaskan wartawan yang telah lulus uji kompetensi untuk mengikuti seleksi Pekan Olahraga Wartawan (Porwanas) XI 2013 di Surabaya, Jawa Timur.

"Ini sebagai bentuk apresiasi kami terhadap pelaksanaan uji kompetensi wartawan atau UKW dan sejalan dengan UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers, yakni mengamanatkan agar wartawan Indonesia harus profesional," kata Ketua Siwo PWI Kaltim, Iskandar Z Datu, di Samarinda, Jumat.

Hal itu, katanya, juga sebagai bentuk dukungan Siwo PWI Kaltim agar seluruh wartawan mengantongi sertifikat UKW pada 2013.

PWI Kaltim pada ajang tiga tahunan tersebut akan mengirimkan 70 atlet mengikuti sembilan cabang olahraga, yaitu atletik, bulutangkis, bridge, biliar, boling, catur, futsal, tenis meja dan tenis lapangan.

Saat ini, lanjut Iskandar Z Datu, telah terdaftar 70 wartawan yang akan ikut seleksi di masing-masing cabang olahraga.

Dari 200-an anggota PWI Kaltim, lanjut dia, baru 60 wartawan yang mengantongi sertifikat UKW namun diharapkan agar jumlahnya terus meningkat.

"Semoga langkah Kalimantan Timur ini juga diikuti oleh daerah lain dalam melakukan seleksi calon atlet pada Porwanas 2013 sebagai bentuk dukungan agarseluruh wartawan bekerja secara profesional sesuai amanat UU Pers," ujarnya.

Seleksi atlet PWI Kaltim yang akan mengikuti Porwanas XI 2013 di Jawa Timur akan mulai dilaksanakan pada 5-6 Mei 2012.

Pada 5 Mei 2012, seleksi akan dilakukan untuk lima cabang olah raga yakni, catur dan billiard akan dilaksanakan di Gedung PWI Kaltim mulai pukul 10. 00 Wita.

Pada hari yang sama, juga dilakukan seleksi tim futsal yang akan dilaksanakan di Planet Futsal GOR Sempaja mulai pukul 07. 30 Wita, seleksi cabang olahraga tenis lapangan di Gor Segiri mulai pukul 16. 00 Wita dan seleksi atlet tenis meja di Show Room Sultan Jalan Kadrie Oening pukul 19. 30 Wita.

Seleksi dua cabang olah raga lainnya kata Iskandar Z Datu yakni, atletik akan dilaksanakan mulai pukul 08. 00 Wita dan bulu tangkis mulai pukul 12. 00 Wita di GOR Sempaja. (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012