Bontang (ANTARA News Kaltim) - Duta Baca Indonesia, Andy Flores Noya, batal datang ke Bontang dalam rangkaian "roadshow" pengembangan minat dan budaya baca bertema "Ekpresi Pelajar Untuk Bontang Membaca 2012" karena sakit.

"Dengan dibawa tim `Kick Andy Foundation`, ada rekaman video Andy F Noya sedang menjalani perawatan di rumah sakit karena sakit thypus, namun dalam skenario akan ada `teleconference` dengan Andy F Noya saat berlangsung roadshow pengembangan minat baca dan budaya baca," kata pejabat pelaksana teknis kegiatan Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD), Sjahrudin, di Bontang, Jumat.

Sekitar 400 undangan dipastikan hadir dalam puncak acara yang semula akan dihadiri Duta Baca Indonesia, Andy F Noya, yang dikenal sebagai host dalam program "Kick Andy" di sebuah stasiun televisi swasta.

Menurut Sjahrudin, sejak Rabu (2/5) telah datang tim "Kick Andy" yang digantikan Alvin Adam (host program `Just Alvin`) dengan narasumber Andrea Hirata dan tim Kick Andy Foundation, dan pejabat esselon Perpustakaan Nasional.

Berbagai rangkaian acara telah berlangsung sejak hari pertama (1/5) seperti pameran buku, parade band, bedah buku dan temu pengarang Syafrudin Pernyata.

"Jumat ini puncak gebyar ekpresi pelajar untuk Bontang Membaca, selain kehadiran Alvin Adam, Andrea Hirata, kegiatan juga akan diisi dengan sunatan massal, nikah gratis, donor darah dan pelantikan Assosiasi Tenaga Perpustakaan Seluruh Indonesia Kota Bontang dan Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca," katanya.

Data terakhir sunat masal akan diikuti 187 peserta, nikah gratis 30 pasang, dan donor darah 30 orang. "Rangkaian kegiatan lainnya adalah lomba majalah dinding, fashion Ijabar dan kostum produk daur ulang sampah," katanya.

Animo masyarakat ketika mengetahui akan datangnya Andy F Noya di Bontang luar biasa. "Bahkan ada yang menelepon untuk bisa hadir di acara roadshow yang direncanakan dihadiri Andy F Noya, bahkan mereka rela membeli tiket masuk jika memang diperjualbelikan," kata Kepala Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Asdar Ibrahim.

Panitia sendiri sebenarnya kecewa, termasuk masyarakat tetapi karena Andy F Noya sakit namun tidak ada alasan untuk menyalahkan.

Sementyara itu, LNG TV memanfaatkan kedatangan Alvin Adam "Just Alvin" dan Andrea Hirata di Bontang pada Kamis (3/5) malam dengan menggelar siaran langsung dialog interaktif bertema sinergi pendidikan bersama Wali Kota Adi Darma.  (*)

Pewarta: Suratmi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012