PT Kideco Jaya Agung melalui bagian program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM) menggelar CSR Multistakeholder Engagement Workshop  yang diikuti 61 kepala desa dan 10 camat se-kabupaten Paser. 


Workshop yang bertajuk “Menuju Pembangunan Paser Berkelanjutan” digelar di Hotel Grand Tjokro Balikpapan, Sabtu (9/11)

Acara tersebut dihadiri Bupati Paser Drs H. Yusriansyah Syarkawie M.Si, Ketua DPRD Kabupaten Paser  Hendra Wahyudi ST,  Sekda Kab.Paser Drs.H Katsul Wijaya, M.Si dan perwakilan dari Direktur Pembinaan Pengusahaan Batubara Dirjen Minerba Kementerian ESDM RI, Ayi Ruhiat S.E. 

Dalam workshop ini, PT. Kideco menghadirkan dua nara sumber  yakni Dra. Syarwat Fardaniyah Sekjen  Konsorsium CSR  serta Ir. Iskandar Sembiring sebagai Senior Consulting at Social Responsibility & Community Development.

Dalam sambutan yang disampaikan Leonardus Herwindo selaku Chief Administration Officer PT Kideco Jaya Agung, kegiatan  CSR merupakan suatu investasi di bidang sosial dan kemasyarakatan. Artinya,  social capital ini menjadi modal utama bagi perusahaan untuk bertumbuh bersama masyarakat sekitar dan Sumber Daya Manusia di manapun perusahaan beroperasi.

"Harapannya, kita dapat membina hubungan baik dengan semua stakeholder dan masyarakat, karena ini sesuai dengan visi dan misi Kideco," ujar Leonardus.

Lebih lanjut, ia mengatakan, kideco membutuhkan dukungan supaya bisa bekerja sama membangun masyarakat Indonesia yang maju dan bisa berdiri sendiri. 

Nantinya, saat sumber daya alam itu sudah tidak ada lagi, masyarakat tetap bisa berkembang dengan sumber daya lain yang kita bangun bersama. 

Lewat kegiatan workshop ini pula, PT. Kideco Jaya Agung memiliki tujuan untuk menerima masukan serta umpan balik, supaya kegiatan tersebut bisa bermanfaat bagi semua pihak.

"Apa yang kita investasikan bisa dirasakan oleh pemerintah daerah dan masyarakat sekitar, kami juga ingin punya persepsi yang sama. Semoga Kabupaten Paser menjadi semakin maju secara lokal, provinsi, dan nasional," tutur Leonardus.
 
Kiri ke kanan : First Manager ER-CSR Kideco Suriyanto, Consulting at Social Responsibility & Community Development Ir. Iskandar Sembiring, Kepala Subdirektorat Hubungan Komersial Batubara Direktur Pembinaan Pengusahaan Batubara Ditjen Minerba Kementerian ESDM RI, Ayi Ruhiat S.E,. Sekjen Konsorsium CSR Dra.Sarwat Fardaniyah, Bupati Paser Drs H. Yusriansyah Syarkawie (batik merah) M.Si, Ketua DPRD Kabupaten Paser Hendra Wahyudi ST, Chief Administration Officer PT Kideco Leonardus Herwindo dan Sekda Kab.Paser Drs.H Katsul Wijaya, M.Si (Antaranews Kaltim/Ist/Kideco)
Sementara itu dalam sambutannya Kepala Subdirektorat Hubungan Komersial Batubara Pada Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara ESDM, Ayi Ruhiyat, S.E mengatakan dengan adanya workshop ini dapat memberikan masukan kepada Kepala Desa dan juga pihak Kideco agar penggunaan dana PPM tidak tumpang tindih dengan anggaran lainnya.

Selain itu Ayi Ruhiyat juga menyampaikan apresiasi bahwa Kideco merupakan salah satu perusahaan yang telah menyusun Rencana Induk PPM sebagaia acuan dalam pelaksanaan lima tahun kedepan.

Sementara itu  Ketua DPRD Kabupaten  Paser Hendra Wahyudi, ST  sangat mendukung program yang dijalankan Kideco selama ini. Seperti kegiatan workshop ini sebagai bentuk sinergisitas yang penting bagi pemerintah dan Kideco yang telah membantu dalam pemerataan ekonomi di Kabupaten Paser.

 “Yang terpenting kami berharap pihak perusahaan dapat semakin aktif menjalankan CSR yang sudah ada untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat khususnya masyarakat kecil dan mengharapkan program program yang dibiayai melalui dana CSR dapat bersinergi dengan RPJMD Kab.Paser agar lebih kompetitif.” harap Hendra.

Sedangkan Bupati Paser,Drs H. Yusriansyah Syarkawie M.Si saat membuka acara juga mengatakan, untuk ke sekian kalinya, Kideco sebagai perusahaan Nasional selalu membuktikan diri sebagai salah satu perusahaan di bumi daya taka yang benar-benar memiliki kepedulian terhadap pembangunan masyarakat dan terbukti memberikan kemajuan di Paser. 

“Kidecoselalu memberikan perhatian kepada masyarakat, kedepannya kami berharap akan muncul pelaku ekonomi kreatif yang lebih banyak dan luas di Paser yang nantinya akan menciptakan lapangan kerja baru,” tegas Yusriansyah.

Dalam penyampaian materi workshop, kedua pembicara yaitu Dra Sarwat Fardaniyah dan Ir Iskandar Sembiring menekankan bahwa betapa pentingnya menyamakan persepsi antara pemerintah kabupaten, kecamatan maupun desa sebagaimana yang diinisiasi oleh Kideco kepada semua peserta  CSR Multistakeholder Engagement workshop dengan pihak Kideco dalam melaksanakan pembangunan berkelanjutan, melalui program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (ppm), arah pembangunan berkelanjutan dapat lebih fokus sesuai dengan rencana yang sudah di tentukan sebelumnya sebagaimana yang diharapkan oleh semua pihak.

Acara dibuka dengan pemukulan Gong sebanyak tiga kali oleh Bupati  Paser Drs H. Yusriansyah Syarkawie M.Si. Chief Administration Officer Kideco Leonardus Herwindo, Ketua DPRD Paser Hendra Wahyudi,  Sekda Paser Katsul Wijaya,  Perwakilan Kementerian ESDM, First Manager ER-CSR dan kedua nara sumber,lalu dilanjutkan dengan sesi berfoto bersama pimpinan kecamatan, kepala desa, dan pendamping desa di wilayah Kabupaten Paser  (Annisa Nursuci Rhamadani)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019