Balikpapan (ANTARA News Kaltim) - Dua perguruan tinggi baru di Kalimantan Timur, Institut Teknologi Kalimantan (ITK) dan Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI), mulai menerima mahasiswa pada Tahun Akademik 2012-2013.

"Masing-masing akan menerima 100 mahasiswa baru. Putra daerah Kalimantan mendapat prioritas utama," kata Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak di Balikpapan, Kamis (19/4) malam.

Gubernur Awang Faroek baru tiba dari Jakarta menghadiri rapat dengan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim dan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti).

Namun demikian, karena baru hanya ada nama dan lembaganya, kedua perguruan tinggi masih menitipkan mahasiswa yang diterimanya tersebut.

"ITK akan belajar di ITS, mahasiswa ISBI dititipkan belajar di ISI Yogyakarta," ungkap Gubernur.

ITS atau Institut Teknologi Surabaya akan menampung para mahasiswa ITK selama satu tahun akademik. Demikian pula dengan kampus dan civitas akademika di Institut Seni Indonesia Yogyakarta, akan menjadi tuan rumah bagi mahasiswa ISBI.

"Kami berharap pada Tahun Akademik 2013-2014 mahasiswa baru sudah dapat diterima di Balikpapan dan atau Tenggarong," kata Gubernur Awang.

Perkuliahan juga akan sudah berlangsung di kampus sendiri kedua perguruan tinggi tersebut.

ITK untuk sementara membuka tiga jurusan, yaitu Jurusan Teknik Mesin, Teknik Industri, dan Teknik Kimia. Sedangkan ISBI membuka Jurusan Teater, Seni Suara, dan Seni Tari.

Baik ITK maupun ISBI akan masuk dalam sistem ujian masuk perguruan tinggi negeri. Karena itu, meski ada prioritas bagi calon mahasiswa yang berasal dari Kalimantan, perguruan tinggi ini tetap terbuka bagi calon mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Pemprov Kalimantan Timur akan menyediakan beasiswa bagi mahasiswa asal Kalimantan Timur selama mereka menumpang belajar di Surabaya.

Pembangunan kampus ITK saat ini tengah berlangsung di Balikpapan, sementara Itu lahan untuk ISBI sudah disiapkan Pemerintah Kabapaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

ISBI akan berdiri di tanah seluas 200 hektare di Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara.

Disebutkan oleh Gubernur, kampus ITK di Balikpapan akan menjulang setinggi 8 lantai tak jauh dari Jalan Soekarno-Hatta yaitu di Km 12, di kawasan Karang Joang, Balikpapan.

Pada 2012 pemerintah pusat mengucurkan anggaran hingga Rp50 miliar untuk ITK. (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012