Tim dari Direktorat Evaluasi Perkembangan Desa Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri melakukan kunjungan  ke Kelurahan teritip Kota Balikpapan, terkait pasca lomba desa /kelurahan (Lomdeskel) 2019  sebagai perwakilan Kaltim.


“Kunjungan tim Ke Kelurahan Tritip Balikpapan untuk melihat kondisi juara desa dan kelurahan pasca Lomdeskel  Regional III pada Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (PINDesKel) 2019," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, Moh Jauhar Efendi saat mendampingi tim Kemendagri di Balikpapan,Senin.

Ia mengatakan Kelurahan Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur, sebagai juara pertama lomba kelurahan Lomdeskel Regional III pada Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan 2019.

Menurut Jauhar kunjungan tim Kemendagri  lebih melihat perkembangan desa/kampung dan kelurahan peserta lomdeskel, guna memastikan lomba memberi dampak kemajuan bagi desa/ kelurahan bersangkutan dan kelurahan sekitarnya.

"Saat kunjungan juga dihadirkan kelurahan di sekitar Kelurahan Teritip sebagai pembelajaran dan penyemangat agar ikut berprestasi,"katanya.

Sementara kunjungan tim tersebut dihadiri jajaran Pemkot Balikpapan, Kecamatan Balikpapan Timur, kelurahan di sekitar Kelurahan Teritip, perangkat dan lembaga di Kelurahan Teritip. Diakhir kunjungan diagendakan dengan tinjauan lapangan.

Sekadar diketahui, lomba desa Regional III pada Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan 2019 dimenangkan Desa Pulau Sapi  juara I dari Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Juara II dari Kampung Batu Putih dari Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur dan Desa Tolinggula Tengah dari Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo.

Sedangkan  juara tingkat kelurahan dimenangkan Kelurahan Tritip dari Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Kelurahan Maburungan Raya dari Kota Tarakan, Kalimantan Utara, serta Kelurahan Sungai Jawi dari Pontianak, Kalimantan Barat.

Penghargaan diserahkan Sekjen Kemendagri, Hadi Prabowo kepada para juara pada Temu Karya Nasional rangkaian kegiatan PINDesKel 2019, di Jakarta, pada Agustus 2019.

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019