Atlet Kabupaten Kutai Timur tampil mendominasi pada kejuaraan provinsi tarung derajat se- Kalimantan yang digelar di Kota Samarinda, dengan meraih medali terbanyak.


Pada kejuaraan yang berlangsung mulai 4-8 September 2019  di Gedung Serbaguna Komplek Stadion Sempaja, Samarinda itu, tim Kutim berhasil 17 medali dan meraih gelar juara umum.

Ketua Umum Pengcab Kodrat Kutim Mochammad Misbachul Choir kepada awak media di Samarinda, Senin, mengatakan pada kejuaraan tersebut tim Kutim menurunkan sebanyak 16 atlet dari total 19 kelas yang dipertandingkan.

"Kami berhasil meraih  7 emas, 6 perak serta 4 perunggu, dan Alhamdulillah kami (Pengcab Kodrat Kutim) berhasil menjadi juara umum dengan perolehan medali terbanyak,” kata Misbah.

Menurut Misbah medali emas disumbangkan Jefri Adrianus Manek Asa di Kelas 52,1-55 Kg Tarung Bebas Putra. Yohanes Paulus Kalake Hipir di Kelas 58,1-61 Kg Tarung Bebas Putra, Nikolaus Toni Sega di Kelas 67,1-71 Kg Tarung Bebas Putra. 

Berikutnya Ayu Salfiana di Kelas 50,1-54 Kg Tarung Bebas Putri, Olivia Famella Nulle di Kelas 58,1-62 Kg Tarung Bebas Putri, Rizki Apriadi dan Slamet Adi Nugroho di Kelas Seni Gerak Tarung Berpasangan. Serta Slamet Adi Nugroho, Adrianus Natanael Hipir dan Rahman di Kelas Seni Gerak Bertahan Menyerang.

Sementara itu untuk peraih medali perak ada Zaenal Anggara Marta di Kelas 49,1-52 Kg Tarung Bebas Putra. Ardika Putra di Kelas 70,1-75 Kg Tarung Bebas Putra, Putra Beren Manu di Kelas 75,1-80 Kg Tarung Bebas Putra. 

Selanjutnya Yasse Arya di Kelas 45,1-50 Kg Tarung Bebas Putri, Apriyani di Kelas 66,1-71 Kg Tarung Bebas Putri. Almiati, Narti dan Rusiana di Kelas Seni Gerak Rangkaian Gerak Putri Beregu. Serta Rizki Apriadi, Slamet Adi Nugroho, Almiati dan Rusiana di Kelas Seni Gerak Tarung Campuran. 

Foto bersama para atlet dari Pengurus Cabang Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Pengcab Kodrat) Kutim sukses menguasai perolehan medali, diajang seleksi Provinsi Babak Kualifikasi PON XX, di Gedung Serbaguna Komplek Stadion Sempaja, Samarinda. (Antaranews Kaltim/Ist/Humas Kutim)

Sedangkan untuk medali perunggu disumbangkan Maulidin dari Kelas 61,1-64 Kg Tarung Bebas Putra dan Surnaim di Kelas 64,1-67 Kg Tarung Bebas Putra.

“Hasil ini sangat positif, sebab untuk menjadi yang terbaik, para atlet dari Pengcab Kodrat Kutim harus bersaing dengan seluruh daerah se-Kaltim, kecuali Kabupaten Paser,” sebut Misbach.

Pada kejuaraan tersebut, tim junior Kutim juga berhasil mendapatkan  2 medali emas. 

"Untuk kategori junior sebenarnya ada 19 kelas yang dipertandingkan, namun kami  hanya mengikuti 2 kelas, dan kami tetap bersyukur keduanya sukses jadi yang terbaik dengan meraih medali emas," katanya

Atlet junior Kutim peraih emas yakni Antonius Nyoman di Kelas 49,1-53 Kg Tarung Bebas Putra dan Abdul Naim di Kelas 53,1-57 Kg Tarung Bebas Putra. 

"Kedua nama ini sekarang sedang bersekolah di SKOI (Sekolah Khusus Olahraga Indonesia) Kaltim. Keduanya juga akan mewakili Kaltim pada ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) di Jakarta pada awal Oktober mendatang," bebernya.

Misbah menambahkan bahwa tim Kutai Timur juga akan mengirimkan 2 atlet dalam Kejuaraan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) di Jakarta 19-22 September 2019. 

Dua atlet yang dikirim yaitu Jefri Adrianus Manek Asa (Unmul Samarinda) serta Nikolaus Toni Sega (IKIP PGRI Kaltim). 

Pewarta: Wardi Kutim/Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019