Sangatta (ANTARA News Kaltim) - Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Isran Noor mengatakan, para bupati antusias untuk terlibat aktif dalam "Otonomi Expo & Forum 2012 in conjunction with Asean - China Free Trade Internasional Expo & Forum 2012" di Jakarta Convention Centre pada 24-27 Mei 2012.

"Expo Otda (otonomi daerah) yang digagas oleh Apkasi, kami harapkan menjadi expo terbesar dalam sejarah pemerintahan kabupaten sejak lahirnya otonomi daerah tahun 1999, apalagi dijadwalkan acara ini dibuka langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono," ujar Ketua Umum Apkasi, Isran Noor yang juga bupati Kutai Timur itu di Sangatta, Jumat.

Ia mengatakan bahwa melalui pameran tersebut maka diharapkan semua kabupaten akan menampilkan keberhasilannya didalam pembangunan berbagai sektor.

"Acara ini juga menjadi momentum tepat bagi daerah untuk menjual masing-masing potensi daerahnya bagi menarik minat investor," ujar dia.

Otonomi Expo juga menjadi kesempatan bagi semua daerah untuk menampilkan serta menginformasikan berbagai keberhasilan pembangunan di daerahnya masing-masing.

"Berbagai alasan itu yang menjadi faktor utama untuk lahirnya antusiasme para bupati untuk terlibat aktif dalam event ini," ujar dia.

"Bukti antusiasme itu, bukan hanya oleh bupati namun pihak Pemprov Papua sudah sejak awal memesan lokasi luas dan strategis di JCC. Jadi bukan hanya diminati oleh kepala daerah kabupaten namun juga tingkat gubernur," paparnya.

"Peluang ini benar-benar dimanfaatkan daerah karena akan melibatkan negara-negara Asean dan Cina," katanya.

Menyinggung Kutai Timur, Isran memastikan bahwa daerah itu akan menampilkan berbagai potensi, khususnya sektor agribisnis serta berbagai keberhasilan pembangunan selama 12 tahun, yakni sejak bergulirnya desentralisasi atau otonomi daerah sesuai UU No. 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah.
(*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012