Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Abdul Gafur Mas'ud mengatakan siap memerangi kegelapan di rumah-rumah penduduk yang belum teraliri listrik melalui program "Penajam Paser Utara Bersinar".

"Kami akan segera meluncurkan program Penajam Paser Utara Bersinar untuk meningkatkan rasio elektrifikasi di masyarakat. Rumah yang belum tersambung listrik akan dialiri listrik dari PLN," kata Abdul Gafur, di Penajam, Kamis.

Program  "Penajam Paser Utara Bersinar" digelar sekaligus dalam rangka peringatam HUT Kemerdekaan ke-74 RI.

Setiap keluarga akan mendapat lampu hemat energi jenis LED yang dapat diisi ulang menggunakan aki.

Satu paket berisi satu buah aki sebagai sumber tenaga listrik, lima lampu LED dengan kapasitas masing-masing lampu 1 watt, saklar serta kabel sepanjang 25 meter.

Masyarakat tidak menggunakan listrik dari PLN untuk penerangan, tetapi aliran listrik dari aki yang disalurkan melalui saklar ke lampu.

Sedikitnya 3.000 rumah di wilayah Penajam Paser Utara ditargetkan menerima paket lampu LED.

Abdul Gafur Mas'ud juga menargetkan untuk penerangan seluruh jalan-jalan di wilayah Penajam Paser Utara akan dilakukan dalam jangka waktu dua tahun.

Selain penerangan, juga mempercepat pembangunan taman hijau di depan Kantor Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara, agar terlihat lebih cantik dan menarik.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019