Samarinda (ANTARA News Kaltim) - Atlet anggar Kalimantan Timur Hervin Erviana dipanggil mengikuti seleksi nasional dalam rangka pembentukan tim Olimpiade dan kejuaraan Asia pada April 2012.

Sekretaris Pengurus Propinsi Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) Kaltim, Muslimin di Samarinda, Rabu, mengatakan atlet floret putri Kaltim itu terpilih karena memiliki prestasinya di kejurnas Pra PON 2011 lalu dengan medali emas.

"Sebelumnya Kaltim telah meloloskan satu atlet floret putra yakn Rizky Hafiz, mantan atlet timnas SEA Games 2011, dan menyusul ada tambahan baru Herlin Erviana," jelas Muslimin.

Muslimin mengatakan, PB Ikasi mengirimkan surat permintaan ke Pengprov Kaltim untuk memberangkatkan Hervin Ervina pada seleknas dengan nomor : 42/DN/S/II/2012 tanggal 21 Februari 2012 untuk mengikuti dua event sekaligus.

"Herlin terpilih setelah PB mengevaluasi seluruh atlet junior yang berprestasi dan berpotensi untuk memperkuat tim anggar Indonesia," imbuh Muslimin.

Menurut dia, potensi atlet anggar Kaltim sangat berpeluang untuk berprestasi di tingkat internasional.

"Makanya kita di Pengprov Kaltim selalu membuat kegiatan-kegiatan kejuaraan yang tujuannya untuk menumbuhkan bibit atlet yang berpengalan dan potensial," tambahnya.

Sebelumnya, Rizky Hafiz masuk dalam tim atlet kualifikasi Olympic di Jepang. Rizky yang pernah menyabet medali perak di SEA Games, berpeluang lolos kualifikasi dan bisa berlaga di Olimpiade London 2012.

Dua atlet Kaltim spesialis nomor floret, bakal mengikut pra kualifikasi Olympic di Wakayama, Jepang tanggal 20-21 April 2012.

Setelah ikut pra kualifikasi, Herlin bakal berlanjut untuk ikut Kejuaraan Asian Fencing Championship di Wakayama , Jepang tanggal 22-27 April 2012.

Selain Rizky yang diminta untuk mengikuti seleksi atlet Pra Olimpiade, Verdiana Rihandini (floret putri), Budi Darmanto (Degen putra), Isnawati Sir Idar (Degen putri), Hendri Eko Budianto (sabel putra) dan Diah Permatasari (sabel putri).

Rizky Hafiz dikenal sebagai atlet anggar spesialis senjata Floret. Atlet asal Kaltim ini masuk dalam ranking teratas atlet anggar tingkat nasional. Ia dijadwalkan masuk ke pelatnas selama dua bulan untuk diseleksi.

"Kualifikasinya sekitar bulan April di Jepang. Dan mendapat kepercayaan dari PB dalam kualifikasi tidak mudah. Kita harapkan Ricky dan Herlin benar-benar memaksimalkan kesempatan ini. Tunjukkan sebagai perwakilan Kaltim bisa diperhitungkan," tegas Muslimmin. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012