Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Abdul Gafur Mas'ud melantik dan mengambil sumpah  69 pejabat eselon II, III, serta eselon IV, dan dua pejabat kehilangan jabatannya alias nonjob.

Dari data yang dihimpun menyebutkan, pada mutasi yang dilaksanakan Senin, sebanyak empat pejabat eselon II, enam pejabat eselon III dan 59 pejabat eselon IV dilantik menduduki jabatan baru, sedangkan dua pejabat nonjob karena jabatannya diisi pejabat lainnya..

Dua pejabat setingkat eselon III yang belum mendapat jabatan pascamutasi tersebut yakni Darwis dan Supardi, yang sebelumnya menjabat sebagai kepala bidang di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

"Mutasi yang dilakukan murni untuk meningkatkan kinerja abdi negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara," jelas Bupati Abdul Gafur Mas'ud ketika ditemui usai pelaksanaan mutasi.

Pelantikan dan pengambilan sumpah lanjut bupati, merupakan amanah dari Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Organisasi Perangkat Daerah, serta Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Abdul Gafur Mas'ud menegaskan, mutasi merupakan hal biasa, dengan tujuan penguatan organisasi untuk mewujudkan Kabupaten Penajam Paser Utara yang maju, modern dan religius.

"Kami akan melakukan evaluasi terhadap pejabat yang menduduki jabatan baru itu selama enam bulan sejak dilantik, harus ada inovasi pembangunan ke depan yang lebih cepat," katanya.

Dalam pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan tersebut, terdapat empat pejabat yang sebelumnya mengikuti lelang jabatan secara terbuka pimpinan tinggi pratama (eselon II) untuk mengisi jabatan definitif kepala dinas yang kosong.

Pejabat yang mengisi jabatan definitif eselon II itu yakni, Andi Trasodiharto dilantik menduduki jabatan Kepala Dinas Perikanan, dan Bagenda Ali dilantik mengisi jabatan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Penajam Paser Utara.

Ahmad dilantik mengisi jabatan Kepala Dinas Perhubungan, serta Agus Dahlan dilantik menduduki jabatan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Penajam Paser Utara.

Sedangkan untuk jabatan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Penajam Paser Utara, yang juga dilelang belum terisi oleh pejabat definitif.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019